Pemerintahan

Enam Daerah di Sulut Termasuk Talaud akan Diisi Penjabat Tahun 2023

BASISBERITA.COM, Manado – Enam kepala daerah di Sulawesi Utara (Sulut) akan mengakhiri masa jabatannya, tahun 2023 ini. Menyusul adanya Surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang penjelasan terkait akhir masa jabatan kepala dan wakil kepala daerah di Provinsi Sulut hasil Pilkada serentak tahun 2018.

Asisten I Sekdaprov Sulut Denny Mangala tak membantah surat Kemendagri tersebut terkait akhir masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sulut pada tahun 2023.

“Ada enam daerah yang akan habis masa jabatannya. Lima daerah itu habis masa jabatan tanggal 25 September. Itu Sitaro, Minahasa, Mitra, Kota Kotamobagu dan Bolmut,” ungkap Mangala kepada wartawan, Senin (20/3/2023).

Selain kelima daerah itu, ternyata ada juga Talaud. “Sesuai rilis yang diterima dari Kemendagri, walaupun Talaud dilantik tahun 2020 tapi dia hasil Pilkada 2018. Sesuai Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 bahwa semua kepala daerah hasil Pilkada 2018 berakhir masa jabatan di tahun 2023, tanpa melihat tanggal pelantikan,” bebernya.

Guna mengisi kekosongan enam kepala daerah tersebut, Gubernur Olly Dondokambey mengusulkan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Nantinya persetujuan Kemendagri ditetapkan sebagai Penjabat Bupati maupun Penjabat Walikota.

“Ada mekanisme sesuai ketentuan, provinsi yang akan mengusulkan Penjabat Kepala Daerah,” tukasnya.

Sejumlah nama birokrat Pemprov Sulut mulai digadang-gadang sebagai pemilik kans menjadi kepala daerah tanpa melalui tahapan Pilkada, di antaranya:

Di Minahasa ada segudang pejabat mumpuni yang kans menjabat, seperti Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulut Devi Tanos, Asisten I Denny Mangala, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Daerah Sulut Jemmy Kumendong, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulut Femmy Suluh.

Di Mitra, ada sederet nama yang dapat diplot. Seperti Kadis Perhubungan Izak Rey, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Sulut Steven Liow, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut Fereydi Kaligis.

Untuk Kotamobagu menguat dua nama, yakni Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut Lukman Lapadengan dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sulut Abdullah Mokoginta.

Sedangkan di Bolmut, nama Asripan Nani disebut kandidat terkuat. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sulut ini pernah menjabat Sekda Bolmut.

Untuk Sitaro, muncul nama Asisten III Sekdaprov Sulut Fransiscus Manumpil dan Kepala Biro Pembangunan Imanuel Makahanap.

Sementara di Talaud mencuat nama Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Sulut Jemmy Gagola dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulut Weldie Poli.(sco)

Baca Juga

Hadiri Puncak Dies Natalis ke-59 Fisip Unsrat, Olly Dondokambey Ingatkan SDM Berkualitas

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Terima Harmony Award Sebagai Tokoh Pluralis dan Moderasi Beragama

Basis Berita

Ini Keuntungan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dengan Nama Sendiri

Basis Berita