Pemerintahan

OD-SK Ingin Ornamen Budaya di Sulut Diperkuat dengan Perda

BASISBERITA.COM, Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) mengharapkan Ornamen Budaya di Sulut terbungkus dengan Peraturan Daerah (Perda).

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Jani Lukas mengatakan proses untuk pembentukan Perda Ornamen Budaya di Sulut sudah memasuki seminar hasil kajian ornamen kain tradisional. Kegiatan ini digelar Dinas Kebudayaan Daerah Sulut, belum lama ini.

“Tinggal mendengarkan hasil kajian dan penulisan lewat data dari kabupaten/kota,” ujar Lukas.

Kegiatan ini pun dihadiri perwakilan dari tim  Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara dan Sangihe.

Setelah ada hasilnya, lanjut dia, proses selanjutnya dibuatkan pameran agar dipublikasikan ke masyarakat.

“Setelah pameran dilanjutkan kajian lebih luas bahkan akan dilaporkan dan disampaikan ke Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw untuk dibuat Surat Edaran bahwa Sulut punya ornamen kain yang dalam berbagai bentuk seperti seragam atau batik dan orneman di gedung pemerintah dan gapura di daerah,” terangnya.

Lukas pun memberikan apresiasi kepada tim kajian Drs Daud Elias Pangkey MPd sebagai koordinator tim ahli kajian kain tradisional Drs Jerry Manus MSn dan Jemmy Manus SPd, serta jajaran Dinas Kebudayaan Daerah Sulut yang telah bekerja untuk mendukung program ini.(sco/*)

Baca Juga

DWP Sulut Hadirkan Pasar Murah di Kantor Gubernur

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945

Basis Berita

Danau Tondano Harus Dipelihara, Steven Kandouw: Kalau Kering Setengah Penduduk Sulut Terancam

Basis Berita