Pemerintahan

Henry Kaitjily Bicara Tantangan ke Depan saat Buka Mubes INNS ke-VIII

BASISBERITA.COM, Manado – Ikatan Nyong Noni Sulut (INNS) beberapa tahun terakhir ini tak mendapat hibah dari pemerintah. Namun, untuk periode 2023-2026, organisasi itu bakal diperhatikan.

“Sejak tahun 2020 hingga 2023 tidak ada hibah kepada Ikatan Nyong Noni Sulut. Itu saking perhatiannya. Yang lain dapat hibah, tapi INNS dianggap mampu berjalan dan berlari. Tapi di tahun kepengurusan berikutnya, saya jamin ada hibah kepada pengurus yang baru periode 2023-2026,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara (Sulut) Henry Kaijily saat membuka Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Nyong Noni Sulut (INNS) ke-VIII di salah satu hotel ternama di Kota Manado, Senin (18/9/2023).

Di sisi lain, Kaitjily mengatakan ke depan pemerintah mempunyai tantangan. Bagaimana merangkul kabupaten/kota di Sulut aktif dengan INNS.

“Kabupaten/kota mereka ikut tidak hanya pada saat event grand final. Tapi bagaimana mereka kabupaten/kota harus terlibat dalam satu sistem bersama dengan INNS,” imbuhnya.

Kaitjily menuturkan salah satu upaya merangkul kabupaten/kota adalah mengadakan malam puncak Pemilihan Nyong Noni Sulut (PNNS) Tahun 2023 di Kota Tomohon.

“Untuk itu, tahun ini kita sudah mulai dengan program grand final dilaksanakan di kabupaten/kota. Itu akan terus kita lakukan bekerjasama dengan kabupaten/kota yang siap. Yang siap bukan hanya uangnya saja. Tapi siap untuk munculkan putra putri terbaik dan siap bergandeng tangan bersama sebagai satu kesatuan,” bebernya.

Ditambahkan Kaitjily, pelaksanaan PNNS tahun-tahun selanjutnya akan lebih ditingkatkan termasuk Sumber Daya Manusia (SDM). Ini sejalan dengan visi Gubernur Olly Dondokambey.

“Nyong Noni terpilih juga dari masa ke masa akan terus kita lakukan improudmen, revitalisasi karena seperti pesan pak wakil gubernur bahwa ajang Pemilihan Nyong Noni Sulut adalah ajang bagaimana kita mengintegrasikan memilih SDM yang terbaik di Sulut. Untuk itu ke depan bersama dengan Nyong Noni kita akan terus memotivasi, revitalisasi program-program ke depan,” tukasnya.

Hadir dalam pelaksanaan Mubes ini, di antaranya Ketua INNS periode 2020-2023 Kartika Devi Kandouw-Tanos, para pengurus INNS dan anggota serta para alumni Nyong Noni Sulut.(sco/*)

Baca Juga

Pesan Steven Kandouw di SMAN 4 Kotamobagu: Siswa Harus Punya Ambisi

Basis Berita

Serapan Anggaran Cukup Baik, Wagub Steven Kandouw Ingatkan Tepat Sasaran

Basis Berita

SMK Gelar Karya Peringati Hardiknas 2023, Wagub Steven Kandouw Puji Keahlian Siswa-siswi

Basis Berita