Pendidikan Teknologi

Jurusan Teknik Mesin Polimdo Serahkan Traktor Tangan Mini ke Kelompok Tani “Esa Lalan”

BASISBERITA.COM, Minsel – Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Manado (Polimdo) membuat Traktor Tangan Mini. Alat tersebut diserahkan kepada Kelompok TaniEsa Lalanyang berada di Desa Pondos Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Jumat (22/9/2023).

“Bantuan tersebut bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) melalui Program Penerapan IPTEK pada Masyarakat (PIM). Dengan bantuan ini diharapkan kiranya meningkatkan Produktivitas Hasil Pertanian pada kelompok tersebut,” ungkap Ketua PPM-PIM Moody N Tumembow, ST, MT.

Dijelaskannya, bantuan Traktor Tangan Mini ini dibuat oleh Mahasiswa D4 Sarjana Terapan Prodi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan yakni Melky Wagania yang dibantu Mahasiswa Yohanes Merentek dan dibimbing oleh dirinya bersamaHarry O Wensen, SST, MT yang juga sebagai Anggota dalam PPM-PIM.

“Traktor ini telah diuji coba pada lahan pertanian Kelompok Tani “Esa Lalan”,” tuturnya.

Adapun bantuan ini diterima langsung Ketua Kelompok Tani “Esa Lalan” Roy Tambingon yang disaksikan oleh Hukum Tua Desa Pondos Ramly Karu, SSos dan anggota Kelompok Tani lainnya.

Ketua Kelompok Tani “Esa Lalan” Roy Tambingon pun mengapresiasi Program PIM kepada masyarakat ini.

“Karena telah membantu mengadakan suatu alat Traktor Tangan Mini yang senantiasa berguna untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian,” tuturnya.

Senada dengan Tambingon, Ramly Karu juga ikut merasa bersyukur dan memberikan apresiasi kepada Polimdo khususnya Jurusan Teknik Mesin yang telah membantu petani di Desa Pondos.

“Semoga Polimdo semakin maju dalam bidang teknologi terapan untuk membantu masyarakat khususnya petani yang ada di Sulawesi Utara dan di Minahasa Selatan khususnya,” tukasnya.(sco)

Baca Juga

Tingkatkan Mutu Pendidikan Sulut, Wagub Steven Kandouw Targetkan 2025 Sudah 100 Persen Terapkan Digitalisasi

Basis Berita

Alam Ganjar Diskusi Soal Industri Kreatif dengan Anak Muda Kota Manado

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Harap Unima Hasilkan SDM Berkualitas

Basis Berita