Ekonomi Pemerintahan

Tingkatkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kadispar Sulut Ungkap Event Perlu Inovasi

BASISBERITA.COM, Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus mendorong pariwisata Bumi Nyiur Melambai maju dan berkembang.

Agar terwujud, hal tersebut perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Dinas Pariwisata Daerah Sulut khususnya terkait dengan dengan pengembangan event atau kegiatan.

“Bicara event bukan jalan-jalan, tapi sebenarnya kita juga menggerakan ekonomi kreatif,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulut Henry Kaitjily saat membuka Bimbingan Teknis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggerakan kegiatan atau event, di salah satu hotel di Kota Manado, Senin (21/11/2022).

Olehnya, dalam event ini, kata Kaitjily, harus ada inovasi untuk peningkatan ekonomi kreatif.

“Seperti tadi ada seni pertunjukan yang telah diracik sedemikian rupa sehingga menarik dengan jam tampilan yang lebih dipercepat,” tuturnya.

Guna menunjang ekonomi kreatif, Kaitjily pun menyinggung tentang anggaran. Menurut dia, saat pandemi Covid-19, anggaran mengalami pengurangan. Namun hal tersebut bukan jadi alasan dalam berinovasi.


‚ÄĚKementerian untuk membuat event itu tumbuh tetap dan ada diperlukan anggaran, tapi kalau nggak ada anggaran susah juga ya kan dalam melaksanakan satu event,” ujarnya.

“Di samping inovasi kita juga berkoordinasi, sinergi tentu yang selalu anggaran itu berbeda dengan anggaran yang muncul sebelum pandemi itu berbeda, karena sebelum pandemi anggaran diberikan ke dinas-dinas. Namun saat pandemi dikurangkan bahkan menghilang kemudian jauh sekali dari harapan dalam mendukung sektor pariwisata,” pungkas Kadispar Sulut ini.

Di akhir sambutannya, Kaitjily tak lupa memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota di Sulut yang terus komitmen mendukung pariwisata lewat event-event sehingga dapat mendongkrak perekonomian daerah lewat usaha kreatif masyarakat.

Adapun pada bimtek itu turut dihadiri Deputi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indoensia, para Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota dan ASN Dinas Pariwisata se Sulut serta para pemateri.(sco/*)

Baca Juga

OD-SK Dorong Pembentukan Rumah Data Kependudukan

Basis Berita

FDW-PYR Gelar Sejumlah Kegiatan dalam Rangka Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijirah di Minahasa Selatan

Basis Berita

Buka PKPG Sinode GMIM, Gubernur Olly Dondokambey Ajak Pemuda Saling Berdiskusi

Basis Berita