Pemerintahan

Bupati Royke Roring Promosi Potensi Kelautan dan SDA Minahasa di Our Ocean Conference 2023 Panama

BASISBERITA.COM, Minahasa – Bupati Minahasa Royke Roring ikut mempromosikan sejumlah potensi kelautan dan Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Minahasa di Konferensi Kelautan Dunia (Our Ocean Conference) 2023 Panama.

Konferensi Kelautan yang bertajuk 8 th Edition Of The Ocean Confrence tersebut, digelar di Panama City, Republik Panama, Amerika Tengah, pada 2-5 Maret 2023.

Melalui siaran pers, Sabtu (4/3/2023), Bupati Royke Roring mengatakan bahwa pihaknya telah mempromosikan potensi kelautan dan sumber daya alam di konferensi tersebut.

“Tentunya saya mengambil momen ini untuk mempromosikan apa yang dimiliki oleh Kabupaten Minahasa, termasuk potensi wisata dan pertanian,” kata Bupati Roring melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Minahasa Maya Kainde.

Menurut Kainde, Bupati Minahasa didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wenny Talumewo, hadir di Konferensi Kelautan atas undangan resmi dari pelaksana. Bahkan, Bupati Royke Roring menjadi pembicara pertama dalam konferensi tersebut.

“Jadi selain bupati Minahasa, ada juga bupati Buton yang merupakan perwakilan Indonesia hadir di konferensi tersebut,” ungkapnya.

Menurut dia, konferensi tersebut merupakan ajang dialog kolaboratif antara kepala negara, sektor swasta, masyarakat sipil dan lembaga akademik guna membahas berbagai upaya penyelamatan sumber daya laut.

“Di konferensi tersebut bupati mengikuti side events Panama convention center pemerintah daerah dan nelayan skala kecil, yaitu bagaimana membuat kerja sama pengelolaan untuk masyarakat pesisir,” jelasnya.

Diketahui, dalam konferensi ini, 500 Kepala Daerah Pesisir menanggapi kebutuhan dan tantangan nelayan skala kecil dengan berbagi visi untuk perikanan pesisir. Kemudian mendiskusikan cara-cara mereka menciptakan ruang bagi nelayan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Tujuan konferensi ini adalah untuk membangun pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana para pemimpin pemerintah daerah dapat menjadi juara yang lebih baik dalam manajemen bersama.(sco/*)

Baca Juga

Gubernur Olly Dondokambey Hadiri Ibadah HUT ke-10 Jemaat GMIM Bukit Moria Kolongan

Basis Berita

Kepala BPKP Sulut Pamit, Wagub Steven Kandouw Wakili Pusat Berikan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Bentuk Tim untuk Optimalisasi RSUD dan Kualitas Pendidikan

Basis Berita