Pendidikan

Rita Tamuntuan bakal Jadi Pembicara Hari Perempuan International di PBB

BASISBERITA.COM, Manado – Ketua TP-PKK Sulawesi Utara (Sulut) Rita Tamuntuan direncanakan menghadiri peringatan Hari Perempuan International atau International Women’s Day (IWD) 2023 di CRA, Markas Besar Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) pada Rabu (8/3/2023) mendatang.

Tak sekadar menghadiri peringatan IWD 2023 yang mengambil tema “Tema dan Peringatan Sejarahnya”, namun Rita Tamuntuan juga bakal menjadi salah satu pembicara, mewakili perempuan-perempuan di Sulut. Beliau menjadi pembicara keempat, sesudah Martina Rogato Delagasi W20 Taly.

Diketahui, IWD 2023 akan membicarakan terkait isu-isu perempuan bersama sejumlah organisasi dunia. Selain itu, ikut pula membahas tentang inovasi,, teknologi dan pendidikan di era digital untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dan anak perempuan di bidang: Non Diskriminasi, Respons Kesehatan, dan Perempuan Penyandang Disabilitas.

Peringatan IWD 2023 ini akan dibuka oleh Dr Ir Giwo Rubianto MPd selaku President of KOWANI bersama Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan dua pembicara utama yaitu Anita Bhatia selaku Wakil Direktur Pelaksana Koordinasi PBB, Kemitraan, Sumber Daya, dan Keberlanjutan di UN Women dan Dr Natalia Kanem selaku Direktur Eksekutif UNFPA dan akan dimoderatori oleh Hadriani Uli Tiur Silalahi selaku Delagasi W20 Indonesia.

Kemudian, IWD 2023 ini akan menghadirkan empat pembicara lainnya di antaranya yang pertama adalah Geralyn S. Ritter Organon, kedua Dr Sandhya Purecha Delegasi W20 India, ketiga Martina Rogato Delegasi W20 Taly, keempat Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan Ketua Gerakan Kesejahteraan Keluarga Indonesia Sulawesi Utara, kelima DR Ir Hj Sitti Rohmi Djalilah M Pd Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). Tantri Diah Kirana selaku Head of Foreign Affairs Indonesia’s NCW (KOWANI) bertugas sebagai fasilitator.

Menariknya, para peserta yang hadir secara langsung akan dihadiahi dengan tas cantik buatan Indonesia.(sco/*)

Baca Juga

Pokja Proklim: Solusi Konkrit Minimalisasi Dampak Perubahan Iklim

Basis Berita

Pesan Wagub Steven Kandouw bagi Lulusan SMA Negeri 7 Manado: Berguna bagi Diri Sendiri serta Bangsa dan Negara

Basis Berita

ILUNI UI Sulut Berusia Tujuh Tahun, Steven Kandouw Tekankan Pentingnya Persahabatan

Basis Berita