Advetorial Ekonomi Pemerintahan

Gubernur Olly Dondokambey Wujudkan ASN Miliki Hunian Tanpa Uang Muka

BASISBERITA.COM, Jakarta – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bisa memiliki rumah sendiri. Dorongan tersebut bakal terwujud. Setelah dilakukan penandatanganan kesepakatan antara anatar pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bersama PT Taspen (Persero) dan PT Bank Sulawesi Utara Gorontalo (BSG/Bank SulutGo).

Penandatanganan kesepakatan bersama pembangunan rumah hunian bagi ASN Provinsi Sulut ini dilaksanakan di Kantor PT Taspen (Persero), Jl Letjend Suprapto Nomor 45 Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2023). Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Direktur Utama PT Taspen Antonius Nicholas Stephanus Kosasih dan Dirut BSG Revino Pepah, melakukan penandatanganan tersebut.

Gubernur Olly mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait dalam menyukseskan pembangunan hunian bagi ASN.

“Kami berharap ini bisa secepatnya. Karena sudah disiapkan lahannya di 12 hektare di perbatasan Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara, supaya aksesnya dekat ke kantor. Karena daerah itu masuk dalam pengembangan kota,” ungkap Gubernur Olly.

Dihadirkannya, hunian atau rumah bagi abdi negara, karena dari informasi yang diterima gubernur bahwa masih banyak ASN yang belum mempunyai rumah. Itu bukan hanya dialami di lingkup Pemprov Sulut tapi juga merata hampir di semua kabupaten/kota di Bumi Nyiur Melambai.

“Kira-kira yang akan terbangun semua rumah bagi ASN di Provinsi Sulut sekitar 15 ribu rumah,” ungkap Gubernur Olly.

Orang nomor satu di Sulut ini pun berterima kasih kepada PT Taspen dan BSG yang bersama-sama mewujudkan rumah hunian bagi ASN.

“Kita doakan bersama-sama kegiatan ini bisa berjalan secepatnya sesuai dengan rencana,” harapnya.

Sementara itu, Dirut PT Taspen Nicholas Stephanus Kosasih mengungkapkan kerja sama untuk proses pembangunan hunian untuk ASN di Sulut.

“Nantinya kami akan kerja sama dengan anak perusahaan Taspen Property Indonesia untuk developing pembangunannya bekerjasama dengan kontraktor lokal. Kemudian untuk pembiayaan kerja sama dengan BSG yang menjadi mitra Taspen,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam proses pengurusan kredit hunian, pihaknya akan membantu memfasilitasi. Bahkan, kata dia, pengajuan kredit rumah ini akan dipermudah debgan tidak menggunakan Down Payment (DP) atau tanpa uang muka.

“Kami bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Bank SulutGo, seluruh pemerintah kabupaten/kota. Sebab Bank SulutGo yang menjadi bank pemerintah mereka dan juga bank pembayar pensiun mereka di Sulawesi Utara. Maka kita bisa bikin ini tanpa DP dan pembiayaan jangka panjang sehingga semua bisa jadi layak mendapatkan pembiayaan,” ungkapnya.

“Pembiayaan dan pembangunan properti itu dilakukan developer, jadi pembangunan juga kita awasi supaya benar pembangunannya semuanya. Tapi kita bukan kontraktornya, tugasnya kami mengkoordinasi,” pungkasnya.

Diketahui, lokasi pembangunan rumah ASN kurang lebih 10 Km dari pusat Kota Manado, dapat ditempuh dengan waktu 20-30 menit dari pusat pemerintahan menggunakan kendaraan. Lokasinya strategis berada di Jalan Ring Road II jalan Manado-Wori.

Akses dekat Bandara Sam Ratulangi dan tempat wisata Bunaken. Memiliki sarana lengkap Komersil, sarana olahraga, tempat ibadah, taman terbuka. Terdapat dua tipe rumah, tipe subsidi luas 36, tipe komersil luas 45 dengan luas tanah 105. Tahap pertama dibangun 150 unit tipe subsidi dan 25 tipe komersil.(advetorial/diskominfosulut)

Baca Juga

Kemendagri Percepat Realisasi APBD Sejak Awal Tahun dan Dorong Penanganan Inflasi

Basis Berita

Ketua TP-PKK Sulut Sabet Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023 dari Kemendikbudristek

Basis Berita

Bangga Diganjar WTP 10 Kali Berturut-turut, Inilah Laporan Keuangan Pemprov Sulut Tahun Anggaran 2023

Basis Berita