Pemerintahan

Wagub Steven Kandouw Kaget saat Sidak RSJ Ratumbuysang

BASISBERITA.COM, Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ratumbuysang, Senin (8/5/2023) siang.

Sidak dilakukan untuk melihat pelayanan yang diberikan oleh RSJ Ratumbuysang, Wagub Kandouw didampingi Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sulut dr Debie Kalalo dan Direktur RSJ Ratumbuysang, dr Samuel Malingkas.

“Hari ini sesuai arahan Pak Gubernur (Olly Dondokambey), saya melakukan Inspeksi guna memastikan pelayanan kesehatan di RSJ Ratumbuysang berjalan dengan maksimal,” ujar Wagub Kandouw.

Tak hanya staf dan pegawai RSJ yang ditanyai, namun Wagub Kandouw juga berinteraksi dengan pasien (Orang Dengan Gangguan Jiwa). Wagub pun kaget mendengar pernyataan dari pasien rumah sakit yang terletak di Desa Kalasey II Kabupaten Minahasa ini.

“Tidak disangka, pasien pun memberikan testimoni sendiri yang di luar dugaan, terkait pelayanan kesehatan yang sangat baik,” terang Wagub Kandouw.

Wagub pun melontarkan pertanyaan kepada pasien. “Makanan di sini mantap?,” tanya wagub. “Makan ayam,” jawab pasien.

Sementara ditanya terkait pelayanan. Apakah ada perawat baik atau ada yang jahat? “Ada baik ada jahat,” sahut pasien.

Menariknya lagi, ketika ditanya terkait kenyamanan dalam beristirahat. “Tempat tidur ¬†sedap dan sering mimpi,” jawab pasien, yang membuat Wagub Kandouw tertawa.

“Air lancar?,” tanya wagub dijawab pasien dalam sehari tiga kali mandi.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, mulai menghadirkan sejumlah RSUD Tipe B Provinsi Sulut yang juga berfungsi sebagai pusat rujukan tingkat provinsi. Seperti pengembangan RS Mata sebagai pusat rujukan wilayah Indonesia bagian Timur, hingga pada pengembangan RSUD Noongan, RSUD Bitung dan pembangunan RSUD Kota Kotamobagu sebagai RS rujukan regional.

Adapun Pemprov Sulut melakukan inovasi dalam pelayanan RSJ Ratumbuysang untuk dioptimalkan lewat sarana dan prasarana yang lebih memadai, terlebih RSJ Ratumbuysang telah meraih Akreditasi Madya (3 Bintang) edisi SNARS 1.0 dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit.(sco/*)

Baca Juga

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Pemkab Minsel Diapesiasi

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Dampingi Presiden Jokowi Kunker ke Sulut

Basis Berita

Maret 2023, Neraca Perdagangan Sulut Surplus US$49,77 Juta

Basis Berita