Pemerintahan

Indonesia Medical Expo and Health Tourism 2023 Hentak Sulut

BASISBERITA.COM, Manado –¬†Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengapresiasi Indonesia Medical Expo and Health Tourism 2023, yang dihelat di Manado Town Square (Mantos) 3, Jumat-Minggu (4-6/2023).

Sebab, Indonesia Medical Expo and Health Tourism 2023 menghadirkan sejumlah pelayanan kesehatan dunia medis beserta alat-alat kesehatan yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Pada saat pembukaan, Wagub Kandouw menyebutkan kewajiban pemerintah dalam hal meningkatkan Indeks Pembangungan Manusia (IPM), salah satu indikatornya yaitu meningkatkan pelayanan kesehatan.

Ditegaskan Kandouw, Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey terus berkomitmen menargetkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Sulut. Target ini tercapai, lanjut dia, perlu adanya sinergi semua pihak terkait.

“Kadang-kadang egosektoral. Ini harus dihilangkan. Tolong panitia lapor mana yang tak mendukung kegiatan ini,” tuturnya.

Lebih jauh, kata dia, Sulut berhasil menjadi tujuan pariwisata dan investasi. Apalagi saat ini Sulut menjadi tujuan pemulihan kesehatan.

“Infrastrukturnya sudah menunjang,” kata wagub.

Secara geografis, Sulut merupakan daerah yang strategis di Kawasan Timur Indonesia dalam menunjang perekonomian negara. Sulut dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Indonesia Medical Expo and Health Tourism 2023 dikarenakan sudah mempunyai infrastrukur kesehatan yang mumpuni dan bersertifikasi.

Apalagi beberapa waktu lalu Gubernur Sulut Olly Dondokambey telah membuka penerbangan ke berbagai ibukota di negara-negara Asia Timur untuk mendatangkan wisatawan asing dalam menunjang roda perekonomian daerah akibat pandemi Covid-19. Terbukti, dari terobosan tersebut Sulut mampu bangkit dan berdiri di tengah-tengah resesi ekonomi global.

Menteri Kesehatan RI Periode 2019-2020 Prof Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad (K) menyebutkan kegiatan ini sangat menarik karena mendapat dukungan langsung dari stakeholder terkait.

“Kegiatan bagus, sangat menarik baik dari pemerintah daerah, kemenkes,” sebutnya kepada awak media.

Akan tetapi menurut Terawan, Sulut masih kekurangan sumber daya manusia di bidang kesehatan, contohnya universitas di Sulut belum ada jurusan Radiologi.

“Pelayanannya lengkap, semua lengkap, sdmnya yang masih butuh, pendidikannya kurang,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Dr dr Max R Rondonuwu DH SM MARS dalam sambutannya menjelaskan Sulut merupakan daerah yang berhasil di kancah nasional dalam pemulihan usai pandemi Covid-19.

Program Kemenkes RI seperti penyuksesan vaksinasi Covid-19, mengatasi pandemi Covid-19 dan transformasi bidang kesehatan, mampu diupayakan Pemprov Sulut secepat mungkin.

Rondonuwu mengungkapkan bahwa Sulut memiliki segudang potensi kekayaan alam yang mampu diinovasikan untuk menghasilkan produk-produk kesehatan.

“Sulut dengan alam yang lebih baik, termasuk pengembangan pengobatan tradisional yang sangat banyak, banyak potensi yang bisa digali di Sulut,” ungkapnya.

Transformasi kesehatan pada pelayanan medis di rumah sakit, terang Rondonuwu, Sulut memiliki peluang, contohnya RSUP Prof Dr RD Kandouw Manado yang merupakan rumah sakit pengampuh nasional.

Ia mengharapkan tenaga-tenaga medis di Sulut akan disiapkan dan dipenuhi agar sasaran pariwisata dapat berkembang, terutama wisatawan asing dengan mudah dapat mengakses layanan kesehatan.

Turut terlibat di Indonesia Medical Expo and Health Tourism 2023 diantaranya Rajawali Nusindo, Phapros, Sentra Medika Hospital Minahasa Utara, Indect Diagnostic/Produk Dalam Negeri, Siloam Hospital, Jasa Medic Transmedic, RSUD Kotamobagu, Medquest, PT Gratia Jaya Mulia, UPTD RSJ Prof Dr VL Ratumbuysang Sulut, UPTD Rumah Sakit Mata Sulut, RSUD ODSK Sulut, Jakarta Biopharmaceutical Industry, BLUD RSUD Maria Walanda Maramis Kabupaten Minahasa Utara, RSUP Prof Dr RD Kandouw Manado, Samator Indo Gas, PT Kalbe Farma, PT Kimia Farma, RSU Manado Medical Centre, Graha Ismaya, RSUSD Toko Kabila, RSMN Bitung RS Manembo-Nembo Bitung, BPJS Kesehatan, Grand Luley Manado, RSUS Noongan, Bank Prisma Dana dan Diastika Biotekindo.(sco/*)

Baca Juga

Olly Dondokambey Ikuti Ibadah Perayaan Hari P/KB Sinode GMIBM

Basis Berita

Komit Terapkan Manajemen Kepegawaian, BKN Ganjar Penghargaan Pemda di Sulut

Basis Berita

Serahkan SK P3K Fungsional Pendidikan, Wagub Steven Kandouw Minta Junjung Tinggi Komitmen dan Integritas

Basis Berita