Pemerintahan

Henry Kaitjily Buka Festival Bunaken 2023, Nikmati Pariwisata Sulut Ikut Perhatikan Lingkungan Hidup

BASISBERITA.COM, Manado – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di bawah nakhodai Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw terus berupaya menjaga kelestarian Pulau Bunaken.

Pelestarian dilakukan agar menjaga Bunaken yang telah menjadi icon Sulut terkenal hingga ke luar negeri tersebut.

Lewat Dinas Pariwisata Daerah Sulut, digelarnya Festival Bunaken 2023, Jumat (22/9/2023) di Pulau Bunaken.

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan pelaku pariwisata Sulut dan masyarakat Pulau Bunaken. Di mana, mereka bukan hanya sekadar mengikuti acara seremoni, tapi turut melakukan aksi bersih-bersih pantai Bunaken dan transplantasi terumbu karang.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulut Henry Kaitjily mengatakan Festival Bunaken merupakan event tahunan yang digelar untuk merangsang turis berkunjung ke Pulau Bunaken.

Adapun di tahun 2023 ini tema yang diambil adalah Renewable and Sustainable Bunaken. Kaitjily berharap para pelaku pariwisata ikut mempromosikan tentang tajuk tersebut.

Promosinya, kata Kaitjily adalah para turis yang datang ke Bunaken harus ikut menanamkan mangrove dan transplantasi terumbu karang. Para pelaku pariwisata harus ‘menjual’ paket tersebut.

“Jadi harus ada paket dalam jualan pariwisata. Jangan cuma datang tanpa ada isi berguna bagi lingkungan hidup,” tegas Kaitjily saat membuka Festival Bunaken 2023.

“Masyarakat dan pelaku pariwisata harus ada paket menjual coral terumbu karang dan mangrove untuk ditanam di Bunaken. Juga di Siladen, Manado Tua dan sebagainya,” tambahnya.

Ditegaskan birokrat berpengalaman di luar negeri ini, para turis baik lokal, nusantara hingga luar negeri jangan hanya menikmati pariwisata Sulut tapi tidak memperhatikan lingkungan hidup.

“Kita harus meminimalisir pengrusakan lingkungan. Jadi ini kegiatan bukan hura-hura tetapi pesannya kita membangun pariwisata bersama-sama,” tuturnya.

Tak hanya bersih pantai, juga dilakukan transplantasi terumbu karang saat pembukaan Festival Bunaken 2023.

“Pesan mendalam yakni mari kita menjaga lingkungan melalui upaya terbarukan dan berkelanjutan. Jadi mari kita membangun Bunaken yang indah, baik biotanya dan daratnya,” tukas Kaitjily.

Pada kegiatan ini turut dihadiri perwakilan Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Asosiasi Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA), Insan Pariwisata Indonesia (IPI), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Generasi Pesona Indonesia (GEMPI), Asosiasi Creator Sulut, Serikat Pemersatu Seniman Indonesia (SPSI), Perhimpinan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) dan Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS).(sco)

Baca Juga

Yuliana Mait Asaad Dilantik sebagai Ketua PKK Tomohon Tengah

Basis Berita

Pemkot Tomohon Dukung Program Satu Data Indonesia

Basis Berita

Hadiri Selebrasi Paskah Pemuda, Gubernur Olly Dondokambey Serukan Budaya Topang Menopang

Basis Berita