Pemerintahan

Olly Dondokambey Hadiri KGM PGI 2023 di Kalteng

BASISBERITA.COM, Kalteng – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey yang juga Ketua FK-PKB PGI dan Ketua I Majelis Pekerja Harian (MPH) PGI menghadiri Konferensi Gereja dan Masyarakat (KGM) PGI 2023 di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (8/11/2023).

Kegiatan lima tahunan ini yang menjadi tuan rumah adalah Gereja Kalimantan Evangelis (GKE).

Olly Dondokambey mengatakan, KGM memiliki tempat tersendiri dalam perjalanan Gereja-Gereja di Indonesia. Di mana, KGM ini telah mulai diselenggarakan pada tahun 1972, yang saat itu gereja-gereja berkonferensi untuk meletakkan landasan menjalankan diakonia pembangunan sebagai perwujudan damai sejahtera di Indonesia.

Pada KGM terakhir tepatnya Maret 2019, pelaksanaan konferensi bertempat di Kota Manado dengan tema “Aku Adalah Yang Awal dan Yang Akhir”. Kemudian pada KGM tahun ini mengambil tema “Hiduplah sebagai Terang yang Membuahkan Kebaikan, Keadilan dan Kebenaran (Efesus 5:8b-9)” dan Subtema: “Bersama-sama Mewujudkan Masyarakat Majemuk yang Pancasilais dan Berdamai dengan Segenap Ciptaan Allah.”

“Tema ini juga yang akan menjadi fokus Sidang Raya PGI ke-18 tahun depan nanti di Toraja,” kata Olly Dondokambey.

Menurutnya, pemilihan tema dan subtema Sidang Raya PGI selalu berkaitan dengan refleksi atas tantangan-tantangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia dan tantangan global.

“Oleh karena itu, pemilihan Tema dan Subtema kali ini pun didasarkan pada pembacaan situasi sosial ke-Indonesiaan masa kini dan yang masih akan menyertai pelayanan PGI dan gereja-gereja anggota PGI lima tahun ke depan,” tuturnya.

Diketahui dalam kegiatan yang akan berlangsung selama lima hari kedepan ini, diagendakan ruang dialog dan refleksi, juga pemetaan tantang dan arah pelayanan gereja di Indonesia dan dunia. Dengan menghadirkan delapan diskusi pleno dan narasumber yang kompeten.(sco/*)

Baca Juga

DWP Sulut Hadirkan Pasar Murah di Kantor Gubernur

Basis Berita

Wagub Steven Kandouw Peringati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Tomohon

Basis Berita

Lantik Lima Penjabat Kepala Daerah, Gubernur Olly Dondokambey Berpesan Begini

Basis Berita