Pemerintahan

Pemprov Sulut Sabet Tiga Penghargaan pada Treasury Award 2024

BASISBERITA.COM, Manado – Penghargaan kembali diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di bawah nakhoda Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK).

Tak tanggung-tanggung, pada Treasury Award 2024, ada tiga penghargaan sekaligus disabet Pemprov Sulut. Yakni, Pengelola DAK Fisik Terbaik Tahun 2023 Peringkat Pertama, Peraih Opini BPK WTP atas LKPD 10 kali berturut-turut, serta Mitra Strategis Terkolaboratif Tahun 2023 dalam mendukung Pertumbuhan Ekonomi.

Penghargaan itu diterima Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dalam Treasury Award 2024 yang dirangkaikan dengan Focus Group Discussion (FGD) Kapasitas Fiskal Daerah, digelar oleh Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di Lantai 6 Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, pada Selasa (30/1/2024).

Adapun, kegiatan ini juga digelar dalam rangka evaluasi pelaksanaan anggaran khususnya Transfer Ke Daerah tahun 2023, dan mendorong Pemerintah Daerah agar terus meningkatkan kinerjanya di tahun 2024.

Dalam sambutannya, Wagub Steven Kandouw mengatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Pemprov Sulut selang 2023. Menurut dia, prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras dari semua.

Pada kesempatan itu, Wagub Kandouw kembali membeber capaian yang digenggam Pemprov Sulut. Mulai dari pertumbuhan ekonomi Sulut hingga triwulan III tahun 2023 secara kumulatif mencapai 5,65 persen. Itu artinya, Ekonomi Sulut tumbuh lebih tinggi dibandingkan nasional yang berada pada 5,05 persen.

“Begitu juga, dengan inflasi yang sepanjang semester II 2023 dapat dikendalikan di bawah angka 3 persen,” tuturnya.

Lebih jauh, kata Kandouw, capaian pada beberapa indikator kesejahteraan Sulut juga terus menunjukkan perbaikan. Di antaranya, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dari 73,81 di tahun 2022 menjadi 74,36 di tahun 2023.

“Tingkat pengangguran terbuka sejak tahun 2020 konsisten melanjutkan tren penurunan hingga periode Agustus 2023 menjadi 6,1 persen. Tingkat kemiskinan Sulut juga menjadi yang terendah di wilayah regional pulau Sulawesi,” bebernya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Kandouw oun mengajak kepada seluruh kepala daerah di Sulut serta seluruh jajaran untuk melakukan evaluasi pelaksanaan anggaran daerah di tahun sebelumnya.

“Hal itu penting untuk kita jadikan sebagai masukan berharga dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang akan kita implementasikan di tahun 2024,” katanya.

Tak ketinggalan, Wagub Kandouw mengapresiasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini.

“Saya kira kegiatan kali merupakan kegiatan yang positif karena akan memberikan apresiasi kepada Pemda yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya pengelolaan Dana Transfer ke Daerah,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pada kegiatan ini juga ada diskusi mengenai kapasitas fiskal daerah.

“Kita sama-sama berharap dapat memperoleh insights dari narasumber mengenai apa saja yang perlu kita lakukan dalam meningkatkan kapasitas fiskal daerah. Kapasitas fiskal yang kuat tentunya akan mendukung upaya kita bersama dalam melaksanakan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sulut,” pungkas Wagub Kandouw.

Sementara itu turut menerima penghargaan mewakili Sekdaprov Sulut Steve Kepel dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulut Clay Dondokambey.(sco/*)

Baca Juga

Bagi Anggota DPRD Sulut yang Baru, Wagub Steven Kandouw Harap Mampu Suarakan Aspirasi Rakyat

Basis Berita

Dijamu Gubernur OD, Peserta Pertemuan Dewan Gereja-Gereja Sedunia Mulai Berdatangan di Sulut

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Ungkap Peran Ibu dalam Pencegahan Narkoba

Basis Berita