Pemerintahan

Buka Rakornas Dukcapil di Sulut, Wagub Kandouw Dorong Digitalisasi

BASISBERITA.COM, Manado – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah kegiatan nasional. Yakni, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Novotel Manado, Rabu (8/2/2023) diapresiasi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw.

Mewakili Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Kandouw dalam sambutannya mengatakan kepercayaanBumi Nyiur Melambai menggelar kegiatan nasional, menandakan bahwa Manado menjadi daerah yang aman untuk pelaksanaan (MICE) yakni Meeting (Pertemuan), Incentive (Insentif), Conference (Konvensi), dan Exhibition (Pameran).

“Tidak usah ragu-ragu datang ke Manado, walaupun saat ini harga tiketnya mahal. Saya usul kalau belum ada tiket pulang nanti bisa via Singapura dan Jakarta harga tiketnya lebih murah,” seloroh Wagub Kandouw saat membuka Rakornas Dukcapil yang dilaksanakan di Novotel, Rabu (8/2/2023).

Pertemuan ini, katanya, menjadi momentum kontemplasi atau perenungan. Introspeksi, sekaligus konsolidasi dan identifikasi serta artikulasi.

“Yakni, semua hal-hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua dalam konteks kependudukan dan catatan sipil,” serunya.

Wagub Steven Kandouw melalui tema “Digitalisasi Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024”, sambung Kandouw diharapkan dapat diserap oleh seluruh peserta.

“Melalui tema digitalisasi ini, menjadi kewajiban kita semua dan seluruh stakeholder kependudukan dan catatan sipil untuk memiliki mindset digital,” tukasnya.

Sebab, menurutnya, kalau tidak didukung dengan digital, maka program tidak jalan. Apalagi dengan penduduk Indonesia yang berjumlah 275 juta.

“Maka tanpa digitalisasi jangan harap untuk bisa tahu persis apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” tukasnya sembari menambahkan agenda Rakornas dapat meningkatkan layanan.

“Semoga dengan rakornas ini, akan meningkatkan semangat ikhtiar usaha kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kita semua mendapat reward karena punya kewajiban melayani masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Sekdaprov Silangen Terima Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah
Menutup sambutan, Wagub Kandouw mengakhirinya dengan sebuah pantun.

“Makan Bubur Manado, habis itu makan mangga lagi. Siapa datang ke Manado, pasti datang lagi,” cetusnya.

Hadir dalam pembukaan rakornas, Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH, jajaran Forkopimda Sulut, bupati dan walikota se-Sulut serta provinsi se Indonesia, Staf Khusus Presiden RI Bidang Sosial Angkie Yudistia, pejabat eselon II lingkup Ditjen Dukcapil, Dewan Pengurus Korpri Nasional, kepala dinas dan biro Dukcapil provinsi se-Indonesia, kepala badan/dinas lingkup Pemprov Sulut, kepala dinas Dukcapil kabupaten/kota se-Indonesia, tim pakar Adminduk Ditjen Dukcapil dan perwakilan dari World Bank (Bank Dunia) Jonathan Marskell.(sco/*)

Baca Juga

Berikut Upaya yang Sudah dan akan Dilakukan OD-SK Tekan Inflasi

Basis Berita

Ketua DWP Sulut Apresiasi Pameran Etnografi

Basis Berita

Steven Kandouw Ungkap Terobosan Olly Dondokambey Genjot Pembangunan, Ekspor dan Investasi di Sulut

Basis Berita