Pemerintahan

Dapat Modal UMKM, Wagub Steven Kandouw: Jangan Dipakai Beli Motor atau Jalan ke Bali

BASISBERITA.COM, Manado – Pemerintah terus membantu dengan memberikan modal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namanya juga modal untuk usaha, berarti dipakai guna kepentingan berusaha.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mewarning modal UMKM dipakai tidak tepat. Sebab, modalnya cukup besar. Bisa mencapai Rp100 hingga Rp150 juta.

“Jangan berpikir terus pakai sendiri, langsung beli motor atau langsung jalan-jalan ke Bali,” imbuh Wagub Steven Kandouw saat membuka Kelas Akselerasi Digital untuk UKM Kota Manado, Rabu (15/3/2023) di salah satu hotel di Kota Manado.

Jangan berfoya-foya menggunakan modal usaha tersebut, karena kata wagub, dana tersebut wajib dikembalikan.

“Ini betul-betul harus dikembalikan
dan tanpa kolateral. Jadi tolong teman-teman, sahabat-sahabat UMKM jadi perhatian,” katanya.

Di sisi lain, dari informasi yang diterimanya, pengalokasian modal usaha untuk UMKM masih terbilang rendah. Kementerian Koperasi mengalokasikan dana UMKM untuk tahun lalu sekitar Rp7 sampai Rp12 triliun. Sayangnya, yang terserap hanya sekitar Rp400 miliar.

“Setelah saya elaborasi lebih lanjut, ternyata ini adalah ketidakmampuan kita dalam memperbaiki, bahkan menyusun konsep penetrasi usaha kita sehingga bankable,” ungkapnya.

Kendati demikian, Wagub Kandouw ikuy mengapresiasi para UMKM di Sulut. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19, usaha ini mampu bertahan.

Dibeberkannya, dari aspek dunia usaha, asrama yang paling residen itu bergerak di bidang pertanian, perkebunan, perikanan. Sementara dari aspek besar kecil usaha, kata Wagub Kandouw, yang paling residen atau kemampuan untuk bertahan di tengah-tengah gelombang badai adalah UMKM.

“Dengan kata lain, negara ini berhutang banyak kepada UMKM. Jadi kita sudah sepantasnya membantu mereka,” ungkap Wagub.

Di kesempatan ini, Wagub Kandouw mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak penyelenggara yang telah memilih Sulut sebagai Kelas Akselerasi Digital untuk UKM Kota Manado.

“Saya mewakili bapak gubernur memberi apresiasi sekali kepada Ina Produk dan Tokopedia. Terima kasih sudah memilih Sulawesi Utara khususnya kota Manado untuk diselenggarakan acara ini. Jangan pertama yang terakhir mas. Kalau boleh tiap bulan bikin di sini,” ungkap Wagub Kandouw.

Hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Kemenkop dan UKM Christina Agustin, Wakil Walikota Manado Richard Sualang, pihak Ina Produk, Tokopedia dan pelaku UMKM.(sco/*)

Baca Juga

Disaksikan Presiden Jokowi, 300 KPM Terima BLT El Nino di Kantor Pos Utama Manado

Basis Berita

Empat Penjabat Kepala Daerah di Sulut Dievaluasi, Sekdaprov Bilang Begini

Basis Berita

Gubernur Olly Ingatkan Budaya K3

Basis Berita