Pemerintahan

Pemkab Minsel Genjot Pembangunan Rumah untuk Korban Terdampak Bencana Alam Pantai Amurang

BASISBERITA.COM, Minsel – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) menggenjot pembangunan Rumah Khusus bagi masyarakat terdampak bencana alam Pantai Amurang. Proyek tersebut dikerjakan di Lokasi Hunian Tetap Kelurahan Rumoong Bawah Kecamatan Amurang Barat.

Dibeberkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Minsel Franky Mamangkey, setelah dilakukan peletakan batu pertama oleh Bupati Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang, Jumat (3/2/2023) lalu, pihaknya langsung gerak cepat membangun.

“Hingga saat ini jumlah unit yang telah terpasang sampai dengan pondasi dan instalasi air kotor berjumlah 81 unit. Sementara unit yang telah terpasang dinding dan sudah dilakukan plesteran dan aci berjumlah 6 unit. Sedangkan, jumlah panel RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yang sudah terinstal berjumlah 23 unit,” ungkap dia, Kamis (16/3/2023).

Ia menambahkan unutk total pembangunan di lokasi tersebut sebanyak 114 unit.

“Namun dilakukan bertahap. Untuk tahap pertama berjumlah 81 unit rumah, dan untuk tahap selanjunya akan disusul dengan pembangunan 31 unit rumah,” bebernya.

Ditambahkannya, untuk sisanya akan dibantu oleh pemerintah pusat.

“Permintaan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR RI terkait pembangunan 31 unit rumah lanjutan telah diterima dan segera diproses oleh Kementerian PUPR RI,” terangnya.

“Adapun sambil menanti penyelesaian pembangunan rumah relokasi bencana Amurang, para korban menempati hunian sementara yang telah disiapkan pemerintah,” pungkasnya.(her/*)

Baca Juga

Begini Pesan Steven Kandouw saat Ibadah Pra Natal KONI Sulut Dirangkaikan Rakor Persiapan PON

Basis Berita

Enam Daerah di Sulut Termasuk Talaud akan Diisi Penjabat Tahun 2023

Basis Berita

Walikota Caroll Senduk Apresiasi PLN atas Program TJSL di Tomohon

Basis Berita