Pemerintahan Pendidikan

Rio Dondokambey Dinilai Konsisten dan Aktif di KNPI Sulut

BASISBERITA.COM, Manado – Semenjak dinakhodai Rio Dondokambey, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Utara (Sulut) tampil eksis. Demikian disampaikan Ketua Umum Pelayanan Siswa (Pelsis) Kristen Sulut Josua Liow, Minggu (18/3/2023).

Eksetensi tersebut, diharapkannya tidak dirusaki oleh oknum-oknum yang merusak semangat kebersamaan pemuda Sulut.

Liow menilai Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Sulut menjadi menjadi preseden buruk bagi dinamika organisasi kepemudaan.

“Terkesan ada upaya melakukan pembohongan publik mengatasnamakan organisasi besar dengan melakukan musda tanpa sepengetahuan sebagian besar organisasi kepemudaan di Sulut, jelas bertentangan AD/RT KNPI,” tegas Josua Liow.

Lanjutnya, praktik itu juga telah menganggap remeh keberedaan pemerintah. Ia pun mengimbau generasi muda Sulut tidak ikut-ikutan dengan tindakan para oknum itu.

“Hingga sekarang, bung Rio Dondokambey tetap konsisten dan aktif dalam wadah berhimpun KNPI. Dan esok (hari ini), Pelsis Sulut akan berkolaborasi bersama KNPI dalam suatu agenda hebat,” tegas Liow.

Sementara Dosen Hukum Universitas Negeri Manado (Unima) Delbert Mongan, menjelaskan dalam berorganisasi wajib disertai etika.

Selain itu, lanjut Delbert Mongan, harus memiliki rasa malu. Ia juga sepakat dengan Josua Liow yang menginginkan generasi muda Sulut tetap menjaga budaya berorganisasi dan patuh pada hukum.

“Sebab KNPI sebagai wadah berhimpun, merupakan laboratorium kepempinan, tempat belajar berorganisasi, berekspresi dan hal-hal positif lainnya,” tandasnya.(sco/*)

Baca Juga

FDW-PYR Gelar Sejumlah Kegiatan dalam Rangka Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijirah di Minahasa Selatan

Basis Berita

APBD-P 2023 Talaud Mandek, Bupati E2L Disorot Warga

Basis Berita

Sulut Miliki Kemiskinan Ekstrem, Wagub Steven Kandouw Ungkap Kendalanya

Basis Berita