Pendidikan

Dies Natalis ke-63 Faperta Unsrat, Rektor Sompie Dukung Program Pemprov Sulut ‘Marijo Ba Kobong’

BASISBERITA.COM, Manado – Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng menyampaikan dukungan terhadap program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), terkait program ‘Marijo Ba Kobong’.

Hal itu disampaikan Rektor Unsrat, saat memberikan sambutan pada Pembukaan Dies Natalis ke-63 Fakultas Pertanian (Faperta) Unsrat, Jumat (14/4/2023).

Kata dia, Civitas Akademika Unsrat sangat mendukung program unggulan Pemprov Sulut yang sangat kuat mendorong masyarakat untuk giat berkebun atau menanam, karena sangat berdampak positif bagi kelangsungan ketersediaan pangan, yang juga untuk akan mengantisipasi dampak inflasi.

“Marijo Ba Kobong ini mencerminkan suatu ajakan untuk melakukan aksi kreatif dan inovatif yang secara langsung mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Khususnya di bidang pertanian,” ujar Rektor Sompie.

Ia juga mengajak Civitas Faperta Unsrat bersama-sama menyusun strategi dan menetapkan langkah-langkah ke depan untuk terus meningkatkan capaian kinerja institusi.

“Terutama mencapai visi ke depan, yang akan menjadikan Unsrat sebagai institusi pendidikan yang unggul dan berbudaya menuju World Class University,” tukasnya.

Gubernur Sulut, yang diwakili Kepala Dinas Perkebunan Daerah Sulut, Yeittij Roring mengatakan Pemprov Sulut memberikan apresiasi kepada Faperta yang concern mengajarkan mahasiswa tentang teknik dan strategi bidang pertanian yang baik dan benar.

“Sehingga mahasiswa mendapat ilmu pengetahuan yang teoritis, tetapi juga dapat pengalaman praktis di lapangan,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa Gubernur Olly Dondokambey mengajak seluruh mahasiswa untuk mengambil bagian dalam membangun pertanian berkelanjutan di Sulut.

“Antara lain dengan melakukan penanaman pohon, mengadakan pelatihan pertanian organik dan memperkenalkan teknologi yang lebih efektif dan efisien,” imbuhnya.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsrat, Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menyampaikan harapannya.

“Saya maupun semua yang hadir turut serta mendukung dan memeriahkan, serta menyukseskan Dies Natalis ke-63 Faperta Unsrat. Ini sebagai bentuk sikap menjaga nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang selama ini harmonis dan saling menopang,” tandasnya.

Ia mengajak seluruh alumni untuk terus berkontribusi dalam pengembangan Faperta dan memperkuat ikatan kekeluargaan antara alumni dan Unsrat.

Turut hadir pada kegiatan ini, di antaranya jajaran pimpinan Unsrat, Civitas Fakultas Pertanian dan alumni.(sco/*)

Baca Juga

GGL Dorong Anak Muda Hidup Benar dan Takut akan Tuhan

Basis Berita

Lynda Watania Harap Retel GMIM jadi Kader Pembangunan dan Penerus Gereja

Basis Berita

Wagub Steven Kandouw Beber Tiga Investasi Hidup pada Rapat Senat Terbuka Wisuda UKIT

Basis Berita