Pemerintahan

Menteri Sandiaga Kunjungi Desa Wisata Kakaskasen Dua: ADWI 2023 Momentum Kebangkitan Pariwisata

BASISBERITA.COM, Tomohon – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mengunjungi Desa Wisata Kakaskasen Dua Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (8/8/2023).

Desa Kakaskasen Dua ini masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Di mana, untuk ADWI yang menjadi tahun ketiga ini mengangkat tema “Kebangkitan Ekonomi Dari Desa untuk Indonesia Bangkit”.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lewat program ini diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”.

Melalui program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 ini juga diharapkan bisa menjadi daya tarik pariwisata Indonesia, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa tersebut sekaligus menggairahkan kolaborasi antar akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media untuk kemajuan desa wisata.

Tujuan program ini, agar menjadi daya bangkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mendorong terciptanya lapangan kerja dengan community base tourism yang dapat membangkitkan pertumbuhan ekonomi desa.

Selain itu program ini dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Setelah sukses di tahun 2021 dengan 1.831 peserta, meningkat tajam di 2022 dengan 3.419 desa wisata, dan di tahun 2023 ini menjadi 4.573 Desa wisata terjaring dari Sabang sampai Merauke.

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berkelas Dunia untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya yakin ini merupakan program yang tepat sasaran dengan basic komunitas masyarakat yang ada di desa, saya yakin jika kita bisa beradaptasi, terus berkolaborasi dan berupaya meningkatkan inovasi dari desa wisata kita bisa membuka lapangan kerja yang luas dan saya pastikan 4,4 juta lapangan kerja dapat tercipta sampai tahun 2024. Dan akhirnya dari desalah kita membangun Indonesia,” terang Menteri Sandiaga seraya menambahkan inilah momentum kebangkitan pariwisata di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.

Antusiasme ribuan desa wisata tersebut diharapkan mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya.

Kini di 2023, Anugerah Desa Wisata Indonesia dengan semangat kolaborasi dan bersinergi meningkat tajam hingga peserta menyentuh angka 4573 desa wisata yang ada di seluruh Indonesia dari target yang mas Menteri canangkan 4.000 desa wisata. Antusiasme ribuan desa wisata tersebut diharapkan mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya.

Tentunya sinergi diperlukan, oleh karena itu kemenparekraf melibatkan mitra strategis untuk berkolaborasi dalam pengembangan desa wisata khususnya desa wisata yang masuk ke dalam 75 desa wisata terbaik desa wisata indonesia bangkit, salah satunya berkolaborasi dengan BCA melalui program bakti BCA. Dengan kolaborasi dan sinergi demi kemajuan pariwisata negeri yang mendunia.

Adapun kategori penilaian ADWI tahun 2023 meliputi sebagai berikut:

1. Daya Tarik Pengunjung (Alam dan Buatan serta Seni dan Budaya)

2. Homestay & Toilet

3. Suvenir (Kuliner, Fesyen dan Kriya)

4. Digital dan Kreatif

5. Kelembagaan Desa & CHSE

Kategori penilaian yang diusung diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan serta berstandar internasional.

Potensi Desa Wisata Kakaskasen dua, Tomohon, Sulawesi Utara

Desa Kakaskasen Dua merupakan desa yang sejuk. Dari kekayaan wisata yang dimiliki Desa Kakaskasen Dua memiliki keunggulan-keunggulan yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Keindahan Gunung Lokon bahkan wisata-wisata buatan. Wisatawan juga bisa menikmati kuliner-kuliner yang diolah langsung oleh warga Desa Kakaskasen.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati seni dan budaya yang begitu memikat. Untuk menuju ke Desa Kakaskasen Dua bisa melalui jalur udara dari Bandara Soekarno Hatta mendarat di Bandara Samratulangi dengan waktu tempuh tiga jam tiga puluh menit kemudian dari bandara sama ratulangi menuju desa Kakaskasen bisa menggunakan kendaraan umum dengan durasi tempuh satu jam tiga puluh menit.

1. DAYA TARIK PENGUNJUNG

a. Alam

Desa wisata Kakaskasen dua merupakan desa yang terletak di dataran tinggi, yang memiliki udara yang begitu sejuk. Desa ini diapit oleh dua gunung yaitu gunung Lokon dan gunung Mahawu.

Destinasi wisata alam yang menjadi kebanggaan desa Kakaskasen adalah gunung mahawu, gunung Lokon. Selain itu, ada juga air terjun Malimbukar, yang bisa memanjakan mata para wisatawan.

b. Buatan

Selain wisata alam, desa Kakaskasen dua juga memiliki wisata buatan, yang memiliki pemandangan yang membuat para pengunjung jatuh hati, diantaranya ada taman pelangi yang berdekatan dengan gunung Lokon, jika wisatawan ingin melihat bunga-bunga bisa berkunjung ke taman Kelong. Ditempat ini, wisatawan bisa bersantai-santai melihat bunga-bunga dengan view gunung Lokon.

Selain itu, desa Kakaskasen juga memiliki wisata religi yaitu bukit doa. Wisatawan bisa merasakan teduhnya lingkungan bukit doa, ada tempat doa goa bunda Maria, ada tempat doa layaknya seperti berada di dalam gereja. Destinasi ini juga, masih dimanjakan dengan pemandangan indah dari gunung Lokon.

c. Seni

Desa Kakaskasen begitu kaya dengan seni tradisional yang turun temurun diantaranya tari Cakalele atau Kabasaran, Musik Kolintang, Musik Bambu, Tarian Maengket. Tari ini merupakan kesinian orang Minahasa yang sering dimainkan pada acara tertentu, seperti pagelaran seni budaya dan saat menyambut tamu.

d. Budaya

Ada beberapa budaya yang bisa dinikmati oleh wisatawan jika berkunjung ke desa Kakaskasen dua yaitu Budaya mapalus masih ada di kakaskasen dua, dan biasanya untuk berkebun, pembangunan rumah, pesta dan kedukaan. Kemudian ada budaya Pemanjatan rasa syukur (pengucapan) merupakan kegiatan tahunan di Tomohon yang jatuh dalam rangkaian Tomohon International Flower Festival di bulan Agustus.

2. HOMESTAY & TOILET

Homestay

Sampai saat ini desa wisata Kakaskasen sudah menyediakan empat Homestay yang bisa menjadi pilihan wisatawan menginap. Desa Kakaskasen dua selalu berusaha memperbaiki pelayanan ddan menjaga kemanan para tamu yang menginap.

Toilet Umum

Desa Kakaskasen terus berusaha untuk terus memberikan kenyamanan bagi wisatawan dengan menyediakan Toilet.

3. SUVENIR Kuliner

Kampung wisata kakaskasen dua memiliki restaurant gardenia yang menjadi pilihan wisatawan mancanegara dan domestic. Di mana menjadi pilihan wisatawan china dan kapal pesiar bila berkunjung di tomohon. Disamping itu ada banyak restaurant yang menyajikan makanan lokal minahasa seperti: kue: kue gulung, keripik singkong, nasi jaha, cucur, apang. makanan: ayam bulu, ikan pepes, pangi bulu dan bubur manado serta makanan lokal non halal seperti sate & ragei, tinoransak.

Fesyen

Batik Tomohon mulai digalakkan sejak aktifnya Dekranasda Tomohon tahun 2022. Di mana Dekransda mendorong UMKM menciptakan hasil-hasil usaha kerajinan daerah Tomohon. Batik Tomohon bercorak budaya atau pun alam kota Tomohon. Mulai dari motif bunga- bunga, gunung lokon, danau linow juga tarian kabasaran, maengket sampai ke bendi dan lain-lain. Pengrajin batik di awali dari pemberdayaan penghuni lembaga pemasyarakatan wanita di tomohon dan diikuti oleh umkm lainnya.

Kriya

Kampung wisata kakaskasen dua memiliki rumah kreatif yang menghasilkan souvenir dari bahan limbah plastik, bambu dan batok kelapa.

Disamping itu banyak sekali kios-kios bunga yang menjual bunga rangkai yang sering menjadi souvenir masyarakat lokal. Disamping itu pemilik kios bunga di kampung wisata Kakaskasen Dua menjadi dekarator kendaraan hias dalam parade kendaraan hias.

     

4. DIGITAL DAN KREATIF Digital

Untuk menarik wisatawan, Desa Kakaskasen dua terus mengembangkan konten di sosial media.

Ig :@ Kampung_Wisata_Kakaskasen_Dua

Web: www.kampungkakaskasendua.com

Kreatif

Desa wisata Kakaskasen menyediakan paket wisata untuk menambah minat para pengunjung diantaranya

paket wisata: cooking class / fun games / team building / trekking mahawu / trekking lokon.

5. KELEMBAGAAN DESA WISATA & CHSE

Kelembagaan Desa

SK desa wisata nomor 128 tahun 2018 tanggal 30 januari 2018 tentang penetapan kampung wisata di kota Tomohon

Keputusan lurah kakaskasen dua nomor 04 tahun 2023 tanggal 15 januari 2023 tentang penetapan pengurus sadar wisata (pokdarwis) kampung wisata kakaskasen dua.

CHSE

Clean :

surat pemberitahuan lurah kakaskasen dua nomor 140/i/2023 tanggal 20 januari 2023 tentang kerja bakti masal yang melibatkan masyarakat.

Healty :

surat dispar kota tomohon nomor 37/dispar/iii/2020 tentang himbauan menekan penyebaran covid-19

Safety :

keputusan lurah kakaskasen dua nomor 09 tahun 2023 tanggal 01 februari 2023 tentang standard operational prosedur pendakian gunung lokon dan mahawu lewat jalur kakaskasen dua

    

Enviroment :

Surat KPAB volcano kakaskasen dua nomor: kpab/vol-panpel/13/2022 tanggal 24-06-2022 tentang pemberitauan penghijauan gunung Mahawu.(sco/*)

Baca Juga

Ibadah Hari Kenaikan Yesus Kristus Dihadiri Ganjar Pranowo, Gubernur Olly Dondokambey Sampaikan Ini

Basis Berita

Antisipasi Perubahan Cuaca, Bupati FDW Imbau Masyarakat Minsel Kerja Bakti

Basis Berita

Usulan dari Gubernur Sulut-Ketua DPRD, Penjabat Bupati Sangihe dan Bolmong Bisa Diperpanjang atau Diganti

Basis Berita