Pemerintahan

Semarak HUT ke-78 RI di Minsel, FDW-PYR Haturkan Terima Kasih Kegiatan Berjalan Baik

BASISBERITA.COM, Minsel – Proklamasi menandai peristiwa penting bagi perkembangan Kemerdekaan Indonesia. Peristiwa Proklamasi ini kemudian menjadi tonggak awal bagi perjuangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia hingga diakui secara internasional. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 1945 menjadi hari yang sangat bersejarah dan dirayakan setiap tahun sebagai hari kemerdekaan di Indonesia.

Tema besar yang diusung untuk memperingati HUT ke-78 RI adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Tema ini merefleksikan semangat Bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia maju. Peringatan Kemerdekaan ke-78 RI ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Dan merayakam Hari Kemerdekaan RI adalah suatu cara untuk menghormati sejarah dan perjuangan bangsa dalam mencapai kemerdekaan.

Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pun melaksanakan berbagai kegiatan untuk merayakan semarak HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, diawali dengan Pembukaan Rangkaian Kegiatan Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Kantor Bupati Minahasa Selatan.

Pembukaan rangkaian kegiatan ditandai dengan kegiatan Jalan Sehat, dilanjutkan dengan Senam Jantung Sehat serta lomba-lomba olahraga seperti Voli Buta, Lari Karung dan Lari Kelereng pada Jumat, 28 Juli 2023. Selanjutnya pada Jumat, 11 Agustus 2023 Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH melepas peserta Lomba Gerak Jalan SD dan SMP Se-Kabupaten Minahasa Selatan, dirangkaikan dengan Lomba Drumband SD dan SMP Se-Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023 dalam rangka peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, bertempat di Jalan Trans Sulawesi Pondang.

Bupati juga menerima peserta Lomba Gerak Jalan dan Drumband di tempat finish serta meninjau pelaksanaan Lomba Senam Sicita Antar Perangkat Daerah dan Kecamatan, di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amurang.

Upacara Taptu dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Mapolres Minahasa Selatan dilaksanakan pada Rabu, 16 Agustus 2023, selanjutnya pada hari yang sama dilaksanakan Upacara Apel Kehomatan dan Renungan Suci dalam rangka Rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Taman Makam Pahlawan Amurang.

Pada 17 Agutus 2023 dilakukan Penyerahan Remisi Umum bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Amurang, dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam Rangka Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amurang,  Upacara Penurunan Bendera dan Toast Kenegaraan bertempat di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amurang.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan oleh Bupati Minahasa Selatan kepada Paskibraka maupun prestasi-prestasi lainnya. Selanjutnya pada Jumat, 18 Agustus 2023 dilaksanakan Lomba Line Dance antar Perangkat Daerah dan Kecamatan bertempat di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amurang. Dan semarak perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 ditutup dengan Pawai Pembangunan, bertempat di Lapangan Lelema Kecamatan Tumpaan Selanjutnya Bupati Minahasa Selatan beserta jajaran dan FORKOPIMDA Minahasa Selatan mengikuti jalannya Pawai Pembangunan bersama-sama peserta finish di Ruang Terbuka Publik (RTP) Amurang.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt Petra Y Rembang (FDW-PYR) mengatasnamakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan bantuan, partisipasi serta keikutsertaan dari semua pihak sehingga seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Kabupaten Minahasa Selatan boleh terlaksana dengan baik. Dan mohon maaf atas ketidaknyamanan selama pelaksanaan rangkaian kegiatan.(advetorial)

Baca Juga

Tunjang Pariwisata, Gubernur Olly Dondokambey akan Hadirkan Kapal Selam

Basis Berita

Disaksikan Presiden Jokowi, 300 KPM Terima BLT El Nino di Kantor Pos Utama Manado

Basis Berita

Pimpin Apel Perdana, Gubernur Olly Dondokambey Ungkap Kunci Sulut Terus Berkembang

Basis Berita