Pemerintahan

Ini Pesan Steve Kepel saat Irup Hari Kesaktian Pancasila

BASISBERITA.COM, Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan mengadakan upacara bendera di Halaman Kantor Gubernur Sulut, Senin (2/10/2023).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dirangkaikan dengan Hari Batik Nasional. Di mana, sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Steve Kepel.

Kepel dalam sambutannya menekankan tentang nilai-nilai luhur yang harus dipertahankan.

“Termasuk batik yang menjadi nilai luhur dan budaya Indonesia,” tutur Kepel.

Terkait dengan Pancasila, Kepel kembali mengingatkan para Abdi Negara di lingkup Pemprov Sulut, terus pertahankan karena Pancasila menjadi pemandu bangsa indonesia.

“Pancasila juga menjadi ideologi dan dasar negara, menjadi sumber dari segala sumber hukum, yang secara konstitusional mengatur negara Indonesia” kata Sekprov.

Lebih jauh, kata Kepel, Pancasila terkandung unsur-unsur rakyat, wilayah termasuk di dalamnya pemerintahan negara serta pemerintahan daerah.

“Pancasila yang digagas oleh pendiri bangsa dan anugerah yang tiada tara dari Tuhan yang mahakuasa buat bangsa Indonesia, walaupun kita sebagai bangsa Indonesia belum secara sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila,” terangnya.

Kepel juga mengingatkan Pancasila sebagai keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, karena dari situ dapat dirajut bingkai kebangsaan.

“Proses internalisasi sekaligus pengenalan nilai-nilai Pancasila, harus diperjuangkan terus menerus, oleh karenanya dalam peringatan Hari Pancasila ini saya mengajak masyarakat Sulut, untuk lebih memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” terang Sekdaprov.(sco/*)

Baca Juga

Terapkan Implementasi Budaya Kerja, OD-SK Sabet Penghargaan dari Kemenpan-RB

Basis Berita

Pemprov Sulut Dukung Pelestarian Mangrove

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Paparkan Upaya Turunkan Angka Stunting di Rakerda BKKBN Sulut

Basis Berita