Pemerintahan

Lewat FGD Dihadiri Para Pejuang, Bupati FDW Inginkan Buku Terbentuknya Kabupaten Minahasa Selatan

BASISBERITA.COM, Minsel – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  menggelar Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Buku Sejarah Terbentuknya Kabupaten Minahasa Selatan.

FGD ini dibuka secara resmi Bupati Minsel Franky Donny Wongkar (FDW), Kamis (19/10/2023) bertempat di Hotel Sutanraja Amurang.

Sejarah memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan masyarakat di berbagai aspek. Dengan memahami pentingnya sejarah, dapat membentuk masyarakat lebih bijaksana, toleran dan memiliki visi kemajuan yang berkelanjutan. Kabupaten Minahasa Selatan yang sudah 20 tahun berdiri sejak ditetapkannya sebagai daerah administratif tingkat dua pada tanggal 27 Januari 2003, tentunya berlandaskan perjuangan dari para pendahulu, dan para pejuang yang memiliki tekad dan semangat juang membangun daerah yang tidak boleh dilupakan, tetapi harus diwarisi dari generasi ke generasi secara turun-menurun.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyusunan Buku Sejarah Terbentuknya Kabupaten Minahasa Selatan ini harus dilakukan agar Minahasa Selatan ada sejarah yang dikukuhkan dalam sebuah buku.

“Semua peristiwa proses pembentukan Minahasa Selatan harus dikukuhkan setiap peristiwa dan pelaku pelaku sejarah harus tercatat. Juga para pejuang pasti mempunyai cita-cita untuk Kabupaten Minahasa Selatan ke depan harus dicatat juga,” tegas Bupati FDW.

Bahkan, lanjut dia, sekecil apapun kontribusi yang telah dilakukan jangan sampai terlewatkan.

“Kita harus menghargai setiap perjuangan hingga Minahasa Selatan terbentuk,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati FDW menambahkan bahwa harapannya para pejuang Kabupaten Minahasa Selatan kiranya bersatu dan melepaskan semua ego untuk merumuskan setiap perjalanan Minsel hingga bisa menuangkan kedalam satu buku.

Pada Kesempatan tersebut, Bupati FDW mengajak kepada semua yang hadir pada FGD Penyusunan Buku Sejarah Terbentuknya Kabupaten Minahasa Selatan untuk sejenak meluangkan waktu untuk mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan pejuang terbentuknya Minsel yang telah tiada.

Hadir dalam kegiatan ini Asesor Sejarah Sertifikasi Nasional Alex Jhon Ulaen, para Tokoh Masyarakat Pejuang Pembentukan Kabupaten Minahasa Selatan.

Bupati Minahasa Selatan didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala BKPSDM, Kepala Bapelitbang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kasat Pol PP, Plt Kepala Dinas Kominfo dan para Staf Khusus Bupati.(*)

Baca Juga

Terkait LKPJ 2023, Pemkot Tomohon Harapkan DPRD Berikan Rekomendasi Konstruktif

Basis Berita

Lantik Lima Penjabat Kepala Daerah, Gubernur Olly Dondokambey Berpesan Begini

Basis Berita

Beribadah dengan Jemaat GMIM Kanaan Kulo, Wagub Steven Kandouw Serukan Kedamaian

Basis Berita