Ekonomi Pemerintahan

OD-SK Angkat Ekonomi Sulut Tumbuh 5,40 Persen, Lampaui Nasional

BASISBERITA.COM, Manado – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambehly dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) kembali mengangkat perekonomian daerah. Pada triwulan III tahun 2023 ini, ekonomi Sulut tumbuh 5,40 persen secara Year on Year (YoY).

Pertumbuhan Ekonomi (PE) Sulut tersebut lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan nasional, yang hanya berada pada 4,94 persen. Data ini sesuai yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Sulut.

Kepala Badan Pusat Statistik Sulut Asim Saputra melalui Fungsional Ahli Madya BPS Shirly Worotikan dalam pemaparannya, Senin (6/11/2023) di Manado mengatakan jika dibandingkan dengan triwulan II tahun 2023 ekonomi Sulut sebesar 6,28 persen dan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya secara YoY sebesar 6,62 persen.

Perekonomian Sulawesi Utara, lanjut dia, berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan III-2023 mencapai Rp43,30 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp25,70 triliun.

Dari sisi produksi yang menyumbang Ekonomi Sulawesi Utara pada triwulan III-2023 yakni pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha Transportasi dan Pergudangan yang tumbuh 13,93 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga dengan pertumbuhan sebesar 12,48 persen.

Ia menjelaskan ekonomi Sulawesi Utara triwulan III-2023 mengalami pertumbuhan sebesar 1,63 persen (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Konstruksi, yakni sebesar 19,43 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto sebesar 17,66 persen.

Sampai dengan triwulan III-2023, Ekonomi Sulawesi Utara mengalami pertumbuhan sebesar 5,65 persen (c-to-c).(sco/*)

Baca Juga

Wagub Steven Kandouw Sebut Tokoh Agama Berikan Kontribusi Positif

Basis Berita

CIMB Niaga Bukukan Laba Rp6,3 Triliun, Naik 25,8 Persen

Basis Berita

Kolaborasi LPEI dan Atdag Canberra Dorong Ekspor Produk UMKM Lokal ke Pasar Australia

Basis Berita