Pemerintahan

PKN II Angkatan XXVI Sukses Digelar di Sulawesi Utara

BASISBERITA.COM, Manado – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) sukses menggelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXVI Tahun 2023.

Kegiatan penutupan yang dilaksanakan di Aula Integritas BPSDMD Sulut, Rabu (29/11/2023) ini dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Steve Kepel dan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Muhammad Taufiq.

Kepel mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan PKN ini patut diapresiasi.

“Diucapkan apresiasi dan terima kasih juga kepada Lembaga Administrasi Negara, BPSDMD Sulut, narasumber widyaswara, yang telah berkolaborasi dan berperan aktif dalam pelatihan ini,” tuturnya.

Diutarakan Sekdaprov Sulut, pelatihan ini sangat istimewa karena melibatkan peserta dari tingkatan pemerintah, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, kementerian, lembaga pemerintah dalam hal ini KemenkumHAM dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Keberagaman ini tentunya menciptakan pembelajaran yang dinamis, memperkaya wawasan sekaligus membawa nuansa baru dalam setiap diskusi,” ujarnya.

Sesuai tema yang diangkat yakni Digitalisasi Administrasi Pemerintahan Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi Daerah, lanjut Kepel, digitalisasi administrasi ini sesungguhnya bukan baru kali ini, melainkan sudah menjadi bagian dari keberlanjutan pemerintah dalam rangka menciptakan big data dalam e-government. 

“Saya berharap big data ini atau e-goverment ini memiliki platform yang sama, operating system yang sama. Kalau software yang dibuat ini sama, maka keberlanjutan updating-nya sama pula. Begitu juga security system-nya juga sama sehingga tidak tidak terpengaruh oleh hacker. Makanya ini sangat penting,” jelasnya.

Kepel pun meminta kepada peserta untuk dapat mengikuti perkembangan dalam pelaksanaan digitalisasi pemerintahan ini.

“Marilah kita menjaga kebersamaan ini agar tercipta kontinuitas dalam pelaksanaan digitalisasi pemerintahan kita selama ini,” terangnya.

Di akhir sambutan, Kepel berharap kegiatan PKN II ini akan terus berlanjut di BPSDMD Provinsi Sulut. “Tiga tahun lalu BPSDMD Sulut belum terakreditasi, tahun lalu sudah bisa laksanakan diklat Pim III dan tahun ini (2023, red) sudah bisa laksanakan Diklat Pim II,” tukasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Muhammad Taufiq juga memberikan apresiasi, karena Pemprov Sulut bisa melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXVI tahun 2023 ini, yang digelar sejak 17 Juli hingga 29 November 2023. 

Dalam laporannya, Kepala BPSDMD Sulut Royke Tumiwa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambeh, Wakil Gubernur Steven Kandouw dan Sekdaprov yang mensupport penuh kegiatan ini.

“Tentunya kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada BPSDMD Sulut serta dukungan dari Pak Gubernur, Wagub dan Sekdaprov sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik,” bebernya.(sco/*)

Baca Juga

Kukuhkan Pengurus MKKS SMK Sulut, Wagub Steven Kandouw Tantang Kepsek Hasilkan Ini

Basis Berita

KUR Kurang Terserap, Wagub Steven Kandouw Imbau Kabupaten/kota se Sulut Jangan Puas

Basis Berita

TPPO Berlatarbelakang Pendidikan Tinggi, Wagub Steven Kandouw Bilang Begini

Basis Berita