Pemerintahan

Ketua TP-PKK Tomohon Ajak Masyarakat Tanam Cabai di Pekarangan Rumah

BASISBERITA.COM, Tomohon –  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se-Indonesia menggelar penanaman cabai sebagai bagian dari Gerakan Tanam (Gertam) Cabai Nasional, pada  Senin (4/3/2024).

Kegiatan yang diikuti Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Estu Handayani, Ketua Umum TP-PKK, dan OASE KIM, juga diselenggarakan secara virtual.

Pada acara tersebut, Ibu Negara Iriana Jokowi turut menyerahkan bantuan berupa 1.000 paket sembako, tiga kursi roda, dokumen kependudukan, dan 500 buku resep kudapan tinggi protein.

Sementara itu di Kota Tomohon, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, drg Jeand’arc Florentia Senduk- Karundeng mengikuti peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 tahun 2024 secara virtual. Acara ini terkait dengan Gerakan Tanam Cabai, yang diselenggarakan di Halaman Kantor PKK Kota Tomohon.

drg Jeand’arc Florentia Senduk-Karundeng memimpin langsung kegiatan penanaman cabai, diikuti oleh para perwakilan PKK. Para ibu PKK tampak antusias mengikuti dan menanam cabai di pekarangan kantor PKK Tomohon.

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara hybrid oleh Tim Penggerak PKK Pusat, bersama dengan Tim Penggerak PKK provinsi dan Tim Penggerak PKK kabupaten/kota di seluruh Indonesia, termasuk PKK di Kota Tomohon.

“Gerakan yang diinisiasi pemerintah pusat dan Tim Penggerak Pembinan Kesejahteraan Keluarga untuk menekan inflasi. Dan ini menjadi program nasional yang diikuti 38 provinsi. Tidak sekadar imbauan, penanaman pun dipantau oleh TP PKK pusat,” kata drg Jeand’arc.

Menurutnya, Gertam cabai dilakukan untuk menekan inflasi, yang bisa memengaruhi perekonomian warga. Ia menyebut, pada akhir tahun 2023, cabai menjadi komoditas pemicu inflasi.

“Gerakan tanam cabai juga embrio penyiapan generasi emas 2045,” ucapnya.

Lebih jauh, kata dia, Gertam cabai bertujuan untuk mendukung ketahanan pangan keluarga. Memenuhi kebutuhan protein dan vitamin, bergizi, serta dapat menyediakan pangan aman, juga mengatasi stunting.

“Serta meningkatkan ketahanan pangan keluarga, dan membantu ekonomi lokal,” bebernya.

Ia pun mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman yang bermanfaat.

“Dengan menanam cabai di masing-masing pekarangan rumah di setiap keluarga setidaknya bisa mengurangi sedikit permasalahan. Memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman bermanfaat bagi usaha untuk peningkatan pendapatan keluarga,” pungkas istri Walikota Tomohon itu.(sco/*)

Baca Juga

Discover North Sulawesi Ditutup, Puan Maharani Sebut Sulut Miliki Potensi Pariwisata

Basis Berita

Pemprov Sulut Bersama Stakeholder Terkait Gelar Gerakan Pangan Murah

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Peduli Tokoh Agama di Sulut, Ribuan Pelsus dan Pendeta Dapat Jaminan Asuransi

Basis Berita