Ekonomi

BI Sulut Siapkan Rp1,5 Triliun untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2024

BASISBERITA.COM, Manado – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan uang kartal sebanyak Rp1,5 triliun untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

“Kebutuhan uang kartal secara nasional Rp197,6 triliun, meningkat 4,65 persen dari tahun lalu Rp188,8 triliun. Untuk Sulut menyiapkan Rp1,5 triliun meningkat 41,4 persen dibandingkan tahun lalu Rp1,1 triliun,” beber Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Andry Prasmuko saat Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri Bank Indonesia (SERAMBI) Tahun 2024, di Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulut, Senin (18/3/2024) pagi.

Peningkatan kebutuhan uang kartal di tahun ini, kata Prasmuko, karena dilihat dari Pertumbuhan Ekonomi, mobilitas masyarakat serta perluasan akses digital di Sulut.

“Sesuai Pertumbuhan Ekonomi kita siapkan uang lebih banyak lagi,” ujarnya.

Untuk penukaran uang tersebut, Prasmuko menuturkan BI bekerja sama dengan perbankan di Sulut. Di mana, disiapkan sebanyak 80 titik, yang tersebar di Bitung, Tomohon, Kotamobagu hingga wilayah kepulauan di Sulut.

“Lokasi penukaran uang pada titik-titik keramaian dan titik-titik mudik,” tuturnya.

Adapun SERAMBI ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh BI. Untuk 2024 ini, kegiatannya berlangsung dari tanggal 18 Maret-5 April.

Selain penukaran uang, program SERAMBI ini juga untuk mengangkat terkait Bijak menggunakan Uang Rupiah di Bulan Berkah.(sco)

Baca Juga

Pegadaian dan IIKP Berbagi dengan Anak Yatim Piatu di Manado

Basis Berita

Perluas Sinergi dengan Komunitas, CIMB Niaga Syariah Gandeng Ikatan Keluarga Minang Saiyo Bali

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Wujudkan ASN Miliki Hunian Tanpa Uang Muka

Basis Berita