Ekonomi Pemerintahan

Rute Penerbangan Manado-Narita Gairahkan Pariwisata dan Ekspor Sulut

BASISBERITA.COM, Manado – Berkat lobi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, penerbangan dengan rute baru, Manado-Narita Tokyo Jepang segera terwujud. Direncanakan jalur tersebut akan resmi beroperasi tanggal 2 Maret 2023 mendatang.

Gubernur Olly optimis rute Manado-Narita yang akan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, ikut membangkitkan pariwisata Sulut, termasuk di dalamnya perekonomian pasti meningkat.

“Penerbangan Manado-Narita ini menjadi peluang untuk membangkitkan pariwisata,” ungkap Gubernur Olly.

Belum lagi, lewat penerbangan tersebut akan mendongkrak sektor ekspor Sulut. Sejumlah komoditas unggulan perikanan, seperti Tuna dapat dipasarkan ke Jepang dengan memanfaatkan fasilitas cargo yang tersedia.

Guna mewujudkan peningkatan ekspor ke Jepang, perlu adanya kerja sama dari semua pihak. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bersama stakeholder terkait pun mematangkan ekspor tersebut.

“Saya berharap adanya kerja sama dari semua pihak, baik dari maskapai Garuda maupun agency. Terutama upaya promosi supaya banyak warga berwisata ke Narita Jepang,” ungkap Sekdaprov Sulut Steve Kepel saat menggelar Rapat Koordinasi terkait Penerbangan Reguler dan Kargo (Garuda Indonesia) Manado-Narita Jepang, Senin (27/2/2023) di Ruang FJ Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut.

Selain penumpang, ungkap Kepel juga ada kargo barang. Dengan produk unggulan ikan Tuna.

“Ikan Tuna bukan dari Sulut saja, tetapi dari luar Sulut juga. Saat ini, sudah ada yang menghubungi, seperti Gorontalo yang berminat untuk melakukan eskpor ke Jepang. Begitu juga daerah lain,” sebutnya.

Ditambahkan Kepel, pihak agensi tidak perlu khawatir karena penerbangan Garuda Indonesia dari Manado ke Jepang dilakukan setiap minggu.

“Saya meminta pihak agensi kerja sama dengan Garuda Indonesia untuk melakukan promosi supaya banyak warga berwisata ke Narita Jepang,” katanya.(sco/*)

Baca Juga

Gubernur Olly Dondokambey Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Lolak

Basis Berita

Pemprov Sulut Evaluasi APBD-P 2023 Talaud Secara Profesional

Basis Berita

Hati-hati Akun Palsu! FB Resmi Wagub Steven Kandouw Telah Miliki 20.000 Pengikut

Basis Berita