Ekonomi

Kendalikan Inflasi Jelang Idul Fitri, Begini Upaya yang Dilakukan BI Sulut

BASISBERITA.COM, Manado – Sejumlah upaya dilakukan Bank Indonesia (BI) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sulawesi Utara (Sulut), guna menekan inflasi terlebih menjelang Idul Fitri tahun 2023.

Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuko mengatakan high level meeting dilakukan di Bumi Nyiur Melambai.

“Kami melakukan hight level meeting di masing-masing kabupaten/kota. Tidak bersamaan tetapi secara marathon untuk memfasilitasi dan membicarakan kondisi terkini, sekaligus mencari solusi terhadap permasalahan yang ada,” ungkap Prasmuko saat berbincang bersama jurnalis ekonomi di salah satu restaurant di Kota Manado, Kamis (9/3/2023).

Upaya tersebut, kata dia, diawali dari wilayah Bolaang Mongondow Raya, pada dua pekan lalu. Kemudian wilayah Manado dan kepulauan.

“Isu pertama adalah kondisi di daerah masing-masing seperti apa. Karena setiap daerah pasti tidak sama,” ujarnya yang didampingi Deputi BI Sulut Fernando Butarbutar.

Perbedaan masalah, lanjutnya, seperti yang terjadi di kepulauan, yakni Sitaro, Sangihe dan Talaud. Yang pasti kendalanya transportasi sehingga terjadinya gejolak harga. Akan tetapi, ia menduga ada juga permainan harga dari pedagang besar.

“Pemain besar itu sudah ada, yakni pedagang yang menggerakkan stok dari titik satu ke titik yang lainnya. Dan ini yang selalu terjadi,” ungkapnya.

Adapun upaya lainnya, ungkap Andry Prasmuko, pihaknya mengendorse program yang dicanangkan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yakni Marijo Bakobong.

“Program dari pak gubernur ini direspons baik kabupaten dan kota, dengan tagline masing-masing sesuai dengan kearifan lokal, untuk melakukan gerakan menanam yang telah berjalan baik,” jelasnya.

Mendukung program Marijo Bakobong tersebut, ujar Prasmuko, BI telah menyumbang 350 bibit bawang, rica dan tomat. Bibit-bibit tersebut disebar di kabupaten dan kota.

“Kami juga membantu pupuk yang dapat digunakan cukup untuk tiga bulan. Bahkan BI juga memberikan pendampingan, dengan harapan gaungnya dapat dirasakan masyarakat,” pungkasnya.(sco/*)

Baca Juga

CIMB Niaga Bukukan Laba Rp6,3 Triliun, Naik 25,8 Persen

Basis Berita

Kolaborasi LPEI dan Atdag Canberra Dorong Ekspor Produk UMKM Lokal ke Pasar Australia

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Harap Lapak Kuliner CSWL Berkembang Hingga jadi Daya Tarik Wisatawan

Basis Berita