Pemerintahan

Bupati FDW Luncurkan CBP, Bukti Kepedulian Pemerintah Terhadap Masyarakat Minsel

BASISBERITA.COM, Minsel – Cadangan Beras Pemerintah (CBP) mulai disalurkan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Senin (17/4/2023). Peluncuran dilakukan langsung Bupati Minsel Franky Donny Wongkar (FDW) di Kantor Camat Amurang.

Dalam sambutannya, Bupati FDW menjelaskan penyaluran CBP ini adalah salah satu bentuk kehadiran pemerintah di tengah kehidupan masyarakat.

“Karena dalam pelaksanaan pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah salah satu tujuannya adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dengan tidak memandang suku, agama dan Ras,” terang bupati.

Orang nomor satu di Minsel ini menambahkan program yang dilakukan pemerintah ini merupakan bentuk kepedulian dan keikutsertaan pemerintah dalam menghadapi dan mengendalikan laju inflasi pascapandemi Covid-19.

“Kami juga telah melakukan berbagai langkah, di antaranya pelaksanaan pasar murah, operasi pasar dan kunjungan ke distributor agar tidak ada distributor yang menampung bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat,” bebernya.

Tak hanya itu, Bupati FDW menegaskan Pemkab Minsel telah melakukan Program KAD (Kerja Sama Antar Daerah) untuk ketersediaan beras, apabila nanti cadangan beras kita berkurang.

“Karena mengingat kebutuhan masyarakat Minsel terhadap beras melampaui angka produksi beras,” sambungnya.

Bupati pun mengharapkan kegiatan ini bermanfaat bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Minsel.

“Mohon didoakan dan dukunglah pemerintah dalam melaksanakan berbagai program pemerintah yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan dalam rangka menuju masyarakat Minsel maju, berkepribadian dan sejahtera,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Minsel Feybie Pusung dalam laporannya menyampaikan tujuan dari pelaksanaan ini untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan, dengan sasaran sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk keadaan darurat.

“Juga melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi,” terangnya.

Bantuan pangan beras ini, kata dia, akan dilaksanakan selama tiga bulan alokasi, yakni Maret, April dan Mei 2023 untuk 21.268 KPM yang tersebar di 17 kecamatan di Minsel.

“Alokasi bantuan untuk setiap KPM memperoleh bantuan sebanyak 10 kg/KPM, dengan kualitas beras CBP medium,” imbuhnya.

Adapun kegiatan ini turut hadir, di antaranya
Wakil Bupati Minsel Pdt Petra Yani Rembang, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Minsel, Manager Operasional dan Pelayanan Publik Kantor Perwakilan Bulog Sulut Dan Gorontalo M. Yatsir, para camat dan segenap Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, serta penerima CBP.(*)

Baca Juga

Bupati FDW Ikuti Upacara Penurunan Bendera HUT ke-78 RI

Basis Berita

Pesan Steven Kandouw di SMAN 4 Kotamobagu: Siswa Harus Punya Ambisi

Basis Berita

Walikota Caroll Senduk Siapkan TIFF 2024 jadi Event Pariwisata Berkualitas

Basis Berita