Pemerintahan

Wagub Steven Kandouw Sebut Tokoh Agama Berikan Kontribusi Positif

BASISBERITA.COM, Minahasa – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengungkapkan pemerintah pusat menetapkan Sulut sebagai lima provinsi paling bahagia di Indonesia. Tak hanya itu, Sulut juga salah satu provinsi dengan tingkat harapan hidup paling tinggi.

“Catatan BPS 72 tahun 8 hari dan indeks pembangunan manusia, Sulut masuk kategori tinggi,” ungkap Wagub Kandouw saat memberikan sambutan dalam Ibadah Agung Paskah GPdI Sulut, yang dilaksanakan di Lapangan God Bless Tondano, Kabupaten Minahasa, Sabtu (6/5/2023).

Menurut wagub, hal tersebut terjadi dikarenakan kebebasan beragama warga di Provinsi Sulut.

“Tidak ada segregasi, semua diberikan kesempatan untuk beribadah. Kemudian di Sulut tingkat gotong royong lebih tinggi, dan alam lingkungannya masih jauh lebih sehat dari daerah lain, tingkat kriminalitas salah satu paling rendah di Indonesia,” bebernya.

Capaian yang diraih itu, kata wagub, bukan hanya kerja dari pemerintah. Namun adanya kolaborasi bersama dengan masyarakat dan tokoh agama.

“Survei membuktikan tokoh yang paling mempengaruhi perilaku masyarakat di Sulut yaitu, tokoh agama. Dari empat ribu gereja di Sulut, yang paling banyak gerejanya yaitu GPdI, dengan 1.400 gereja. Dengan posisi seperti itu peran gembala dan jemaat sangat penting dalam memberikan kontribusi positif,” tuturnya.

Olehnya, wagub mengucapkan terima kasih kepada gembala dan jemaat GPdI yang memberikan rasa aman dan nyaman. “Dengan ibadah Paskah, mari kita jaga bersama keamanan kita,” harapnya. 

Di sisi lain, Wagub Kandouw juga mengingatkan soal tiga investasi yang harus dimiliki. Pertama investasi material, kedua investasi intelektual dengan berlomba bersekolah dan ketiga paling penting investasi spritual. 

“Investasi spiritual ini orang Sulut paling hebat. Tapi perlu diingat investasi spritual ada dua dimensi. Yaitu vertikal dan horisontal. Apalah artinya hubungan dengan Tuhan baik,  ibadah kita luar biasa, tetapi dengan sesama kita tidak ada damai dan sukacita,” ungkapnya. 

Apalah artinya dengan 1.400 gereja dengan nilai triliun, tambah Wagub, kalau dalam gereja tidak ada cinta kasih, damai sejahtera dan inspirasi. GPDI besar, jemaatnya besar tetapi jaga kebesarannya di mata Tuhan, baik gembala, ibu rohani dan jemaat. 

“Mari jemaat GPdI terus bergereja bawah cinta kasih, damai sejahtera dan inspirasi. Mari kita jaga Pancasila, jangan  kita dibodohi dengan ikut dengan orang yang tidak menjaga Pancasila. Semoga api Pantekosta terus menyala,” tandas mantan Ketua DPRD Sulut itu.

Ibadah paskah ini turut dihadiri, di antaranya Anggota DPR RI Adriana Dondokambey bersama jajaran Pemerintah Minahasa, gembala dan seluruh jemaat GPdI.(sco/*)

Baca Juga

Olly Dondokambey Dampingi Megawati Soekarnoputri saat Peresmian KRI Bung Karno-369

Basis Berita

Ini Pejabat yang Ditunjuk sebagai Plt Kepala Disnakertrans Sulut

Basis Berita

Wagub Steven Kandouw Bicara Iman di HUT ke-86 GPdI

Basis Berita