Pemerintahan

Gelar Rakerkesda Sulut, Gubernur Olly Dondokambey Ingin Wujudkan Sistem Kesehatan Berkualitas

BASISBERITA.COM, Manado – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengumpul semua pihak terkait kesehatan di Hotel The Sentra Manado, Selasa (4/7/2023). Pertemuan ini untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam harmonisasi kesehatan antara pusat, provinsi hingga kabupaten/kota se Sulut

Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sulut 2023 yang turut dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, para bupati/walikota se Sulut, Sekretaris Daerah Provinsi Steve Kepel ini mengambil tema Harmonisasi Transformasi Kesehatan Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota Menuju Sulawesi Utara Sehat dan Sejahtera Sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Pasifik.

Gubernur Olly saat membuka kegiatan tersebut mengatakan tema yang diambil sesuai dengan harapannya ke depan memajukan kesehatan Sulut.

“Mencerminkan visi kita mewujudkan sistem layanan kesehatan berkualitas, akses pelayanan yang merata,” tutur gubernur.

Upaya yang dilakukan untuk transformasi kesehatan, kata Olly, terdiri atas enam pilar, masing-masing: Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan. 

“Dalam Rakerkesda ini dikoordinasikan dengan baik, maka hasil akan lebih baik,” kata Olly Dondokambey.

Gubernur menegaskan pihaknya akan mensupport infrastruktur penunjang dan menompang kegiatan dalam rangka meningkatkan kesehatan.

“Tugas pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan. Semoga lewat Rakerkesda mendapat masukan demi menjalankan pelayanan kesehatan di Sulawesi Utara,” tandasnya.

Sebelumnya dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sulut dr Debbie Kalalo mengatakan rapat ini menjadi yang pertama sejak pandemi Covid-19. Terakhir dilaksanakan pada tahun 2019.

Lebih lanjut, kata dia, rapat kerja ini merupakan media yang tepat dalam hermonisasi arah kebijakan kesehatan ke depan secara bersama dalam memberikan pelayanan publik paripurna di bidang kesehatan di Sulut.

“Ini juga bagian dari evaluasi dan merumuskan indikator kesehatan sepanjang 2023 sampai 2024. Yang melibatkan peran bersama pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten/kota,” terangnya.

Hadir dalam rapat ini, di antaranya Direktur Usia Produktif dan Lansia Kementerian Kesehatan Republik Indoensia dr Ninda Rachmawati, Ketua DPRD Sulut, para kepala daerah se Sulut, 15 Kepala Dinas Kesehatan di Sulut, 198 kepala puskesmas, 54 direktur rumah sakit, institusi kesehatan, organisasi profesi kesehatan dan lintas kesehatan.(sco)

Baca Juga

Penelusuran Siap Dilakukan, Bapenda Sulut: Kendaraan Bermotor Nopol Luar Segera Mutasi

Basis Berita

Berkontribusi di Bidang Pertanian, Gubernur Olly Dondokambey Sabet Penghargaan dari Kementan RI

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Tinjau Lokasi Pembangunan Patung Soekarno di Rusia

Basis Berita