Pemerintahan

Olly Dondokambey Diplomat Ulet dari Sulawesi Utara

BASISBERITA.COM, Manado – Hanya berstatus kepala daerah, namun Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mampu menjadi diplomat ulet.

Wajar disebut diplomat ulet. Pasalnya, Olly Dondokambey bisa melakukan diplomasi ke beberapa negara luar. Yakni Negara China, Korea Selatan, Jepang hingga ke Rusia.

Dari diplomasi ke sejumlah negara tersebut, Olly Dondokambey berhasil hasilkan kontribusi ke daerah. Para investor dari negara-negara luar siap menanamkan modalnya di Bumi Nyiur Melambai.

Buka penerbangan langsung ke Jepang. Itu salah satu kinerja terbaik Olly Dondokambey. Lewat jalur tersebut akan tercipta pasar pariwisata, pasar ekspor produk kelautan, perikanan dan pertanian dari Sulut ke Negeri Matahari Terbit.

Direct flight juga akan terwujud Manado-Jeju Korea Selatan.

Untuk ke China, Gubernur Olly Dondokambey melobi para investor di sana untuk meyakinkan Sulut sebagai pintu gerbang.

Sedangkan di Rusia, Olly menyiapkan kerja sama untuk menarik wisatawan masuk ke Sulut.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw pun memuji kinerja Olly Dondokambey. Bayangkan, Olly mampu masuk di dua kubu, yang sangat berpengaruh di dunia.

“Banyak tak sadar kerja Olly Dondokambey. Dunia terpolarisasi kubu Rusia China dan kubu barat. Pak Gubernur mengunjungi dua kubu ini,” ujar Wagub Steven Kandouw kepada sejumlah media di Kantor Gubernur Sulut, Rabu (12/7/2023).

Langkah yang dilakukan Olly Dondokambey, dinilai Wagub Kandouw, sangat luar biasa.

“Bahwa bagaimana seorang Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Utara. Posisinya gubernur tapi kerjanya nasional. Kita tahu persis masalah luar negeri bukan kewenangan provinsi, itu kewenangan pusat. Tapi namanya Olly Dondokambey tanpa melanggar kewenangan mampu memperlihatkan kinerja,” tutur mantan Ketua DPRD Sulut ini.

Menurut wagub, kehebatan Olly Dondokambey itu, menjadikan orang nomor satu di Sulut sebagai politisi internasional.

“Modal luar biasa untuk kita di Sulawesi Utara. Karena saya sampaikan buka connectifitas flight bukan kerja gampang. Harus ada kapasitas extra ordinary. Dan itu hanya ada pada Olly Dondokambey,” imbuhnya.

“Hanya Sulut di bawah kepemimpinan Pak Gubernur kita Olly Dondokambey. Jadi harus kita syukuri. Tugas kita jaga realisasi yang sudah dibuat Pak Gubernur,” tukasnya.(sco)

Baca Juga

Bupati Franky Wongkar Hadiri Rakornas IKN di Jakarta

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Raih Penghargaan Pembina K3

Basis Berita

Kunjungi Warisan Unesco di Kyoto Jepang, Gubernur OD Dorong Kepala Daerah se Sulut Lestarikan Adat dan Budaya

Basis Berita