Pemerintahan

Ratusan Lulusan SMK dari Sulut Segera Kerja di Jepang, Olly Dondokambey Pesan Begini

BASISBERITA.COM, Manado – Ratusan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari Sulawesi Utara (Sulut) segera bekerja di Negara Jepang, berkat fasilitasi Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK).

Kali ini ada 332 orang yang akan berangkat ke Negeri Matahari Terbit. Adalun pelepasan dilaksanakan di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (28/7/2023).

Gubernur Olly dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sebagai bagian visi misi OD-SK dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menciptakan tenaga kerja handal.

“Supaya kita bisa bersaing di angkatan kerja internasional,” ucap Olly.

Orang nomor satu di Sulut ini berharap mereka yang lulus seleksi dapat mengikuti semua proses pembelajaran, pendidikan serta pelatihan sebagai modal dan nilai tambah untuk bekerja di Jepang.

Terlebih Pemerintah Jepang disebut memiliki  penilaian yang baik terhadap tenaga kerja dari Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Steve Kepel, dalam laporan menyampaikan  pelaksanaan seleksi telah dilakukan 26 Juni 2023 lalu di Kantor Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut.

Dari total 498 orang yang mengikuti seleksi, sebanyak 332 yang lulus. Terdiri dari Jurusan Keperawatan 66 orang, Jurusan Perhotelan 54 orang, Jurusan Teknik Komputer Jaringan 59 orang dan Jurusan lainnya 152 orang.

Mereka terlebih dahulu akan mengikuti pendidikan dan pelatihan selama 3 bulan. Untuk tahap awal akan diikuti 100 orang di Bapelkes Manado.

“Ini dilakukan dalam rangka persiapan awal menuju kerja di Jepang,” jelas Kepel.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, para pejabat teras Pemprov Sulut, para tenaga kerja yang lulus seleksi bersama orang tua.(sco)

Baca Juga

OD-SK Perjuangkan Ketambahan Naker Asal Sulut di Jepang, Wagub Steven Kandouw Teken Kerja Sama dengan WWJ

Basis Berita

Majukan Pariwisata Sulut, OD-SK Hadirkan Event Internasional Sky Air dan Wing Board

Basis Berita

Oknum Pejabat Eselon II Pemkot Bitung Diduga Ajak ASN Naikkan Polling Walikota Maurits Mantiri Tuai Sorotan

Basis Berita