Pendidikan

‘Duo KAGAMA’ di Sulut Tampil pada Seminar Kebangsaan Bersama Menko Muhadjir Efendy

BASISBERITA.COM, Manado –┬áSeminar Kebangsaan yang bertajuk ‘Kedaulatan Pendidikan Nasional yang dilaksanakan oleh Forum Gerakan Peduli Bangsa (FGPB) Sulawesi Utara (Sulut) berjalan sukses pada Sabtu (19/8/2023) di Novotel Hotel Manado.

Seminar Kebangsaan yang digawangi oleh Sudarwin Jusuf Tompunu SP selaku Ketua dan Pricilla Sandy Runtu, SPd selaku Sekretaris ini dibuka langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Kehadiran Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof Dr Muhadjir Effendy, MAP dalam kegiatan Seminar Kebangsaan Kedaulatan Pendidikan Nasional sebagai Pembicara Kunci membuat bobot Seminar menjadi sangat kuat.

Selain itu ada pula tampil sebagai pemateri Senator dari Sulut untuk DPD RI, Jaffar Alkatiri dan Ketua BAZNAS Sulut, Abid Takalamingan.

Menariknya tampil pula ‘Duo KAGAMA’ di Sulut, Ketua Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Kota Manado, Taufik M Tumbelaka dan Fabian Kaloh mewakili Ketua DPRD Sulut, Franciscus Silangen. Fabian Kaloh yang adalah anggota DPRD Sulut daerah pemilihan Minahasa Utara-Bitung.

Taufik M Tumbelaka merasa bangga karena bisa ada 2 KAGAMA tampil dari 5 pemateri yang ada.

“Saya sejak 10 hari lalu diminta Panitia Pelaksana untuk mengisi sebagai salah satu pemateri di dalam Seminar Kebangsaan ini. Dan ada kejutan yang membesarkan hati karena ternyata ada dua KAGAMA di Sulut tampil yang menjadi pemateri. Ada konco lawas (teman lama, red), mas Fabian Kaloh yang kebetulan dulu satu jurusan di Fisipol UGM,” tutur Taufik M Tumbelaka yang mengangkat materi lebih kepada hal Kebijakan Publik terkaitt Pendidikan Nasional.

Fabian Kaloh yang mewakili Ketua DPRD Sulut pun nampak senang karena bisa ada dua KAGAMA di Sulut tampil dalam satu kegiatan bersama Menko Prof Dr Muhadjir Efendy, MAP.

“Saya sebagai anggota DPRD Sulut diminta mewakili Ketua DPRD Sulut yang kebetulan berhalangan hadir. Saya juga bangga karena ternyata Ketua KAGAMA Manado, Taufik Tumbelaka juga tampil. Kebetulan kami dulu sama-sama di Fisipol UGM. Jadi berteman sejak di kampus,” ujar Fabian Kaloh, SIP, MSi yang dalam KAGAMA Sulut sebagai Ketua Dewan Pakar.

Dialog Kebangsaan ini berlangsung sukses dengan dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel, beberapa pimpinan dari sejumlah Kampus, ratusan mahasiswa dan pelajar termasuk beberapa organisasi seperti Pengurus KAGAMA Manado, ormas adat Barisan Masyarakat Adat Sulut (BARMAS) DPD Sulut dan DPC Manado.(sco/*)

Baca Juga

Hadiri STS Unima, Gubernur Olly Dondokambey Ingatkan Perubahan Semakin Kompetitif

Basis Berita

Rita Tamuntuan bakal Jadi Pembicara Hari Perempuan International di PBB

Basis Berita

Guru SMA/SMK se Sulut Harus Akuntabel dan Kapabilitas, Wagub Steven Kandouw: Tidak Mampu Out

Basis Berita