Pemerintahan

Peringati Hari Kesehatan Jiwa se Dunia, Menkes-Wagub Sulut Ajak Masyarakat Peduli

BASISBERITA.COM, Manado – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) ikut memperingati Hari Kesehatan Jiwa se Dunia di Sulawesi Utara (Sulut).

Kegiatannya dirangkaikan dengan Kick Off Pengembangan Model Layanan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat, yang diadakan di Hotel Aryaduta Manado, Jumat (27/10/2023).

Pada kesempatan itu, hadir Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunawan Sadikin bersama Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw. Keduanya pun sepakat peduli dengan orang dengan gangguan jiwa.

Wagub Steven Kandouw dalam sambutannya menjelaskan pemerintahannya bersama Gubernur Olly Dondokambey ikut concern dengan peningkatan layanan kesehatan. Menurut dia, hal tersebut menjadi salah satu prioritas road map pembangunan di Bumi Nyiur Melambai.

Kandouw mengungkapkan selama kurun waktu tiga tahun terakhir, Pemerintah Provini Sulut telah membangun beberapa rumah sakit termasuk rumah sakit jiwa.

Dalam momentum Peringatan Hari Kesehatan Jiwa se Dunia, Wagub Steven mengajak semua pihak satukan tekad untuk peduli kepada orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin yang diwawancara sejumlah awak media menjelaskan maksud dari program Pengembangan Model Layanan Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat.

“Peran untuk melayani kesehatan jiwa tidak semuanya menjadi tanggung jawab rumah sakit, ini akan didorong ke berbasis masyarakat,” ungkapnya.

Dengan kata lain, tutur dia. dalam upaya memulihkan kesehatan jiwa seseorang, bukan hanya melibatkan pihak rumah sakit, tapi juga didukung oleh keluarga pasien dan lingkungan, dengan harapan dia dapat pulih dan kembali diterima dalam lingkungan masyarakat.

Dia juga mengatakan ke depan konsep layanan kesehatan untuk pasien gangguan jiwa akan berubah. Salah satunya dalam perawatan pasien tidak harus di rumah sakit khusus atau rumah sakit jiwa. Tetapi konsepnya rumah sakit umum juga bisa memberikan pelayanan kesehatan jiwa.(sco/*)

Baca Juga

Ketua DWP Sulut Ajak Pelajar Kunjungi Museum: Belajar Sejarah

Basis Berita

Penjabat Bupati Bolmut Dapat Giliran Ketiga Dievaluasi

Basis Berita

Inilah RLPPD Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023

Basis Berita