Hiburan Pemerintahan

Buka Pemilihan Bintang Radio Indonesia, Wagub Steven Kandouw Apresiasi Seni Merangkai Keberagaman

BASISBERITA.COM, Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengapresiasi Pemilihan Bintang Radio Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2023 yang digagas oleh Radio Republik Indonesia (RRI) di Sulut.

“Salut seluruh peserta (Lomba Bintang Radio Indonesia) yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mewakili pak gubernur dan mewakili rakyat Sulawesi Utara, saya ucapkan selamat datang di Bumi Nyiur Melambai. Selamat berlomba,” tutur Wagub Kandouw saat membuka Pemilihan Bintang Radio Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2023 di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Senin (27/11/2023).

Wagub pun sangat setuju dengan pengambilan tema pada lomba Bintang Radio Indonesia 2023 ini, yakni ‘Seni Merangkai Keberagaman’.

“Saya suka tema ini. Ini sangat aktual, sangat up to date dengan situasi bangsa dan negara kita. Bagi saya pribadi, seni itu tidak hanya bentuk keberagaman tapi seni penyusunan sendi kehidupan. Saya sangat apresiasi seni,” tutur orang nomor dua di Bumi Nyiur Melambai ini.

Dengan seni, ia meyakini akan menyambung hidup. Olehnya, peserta lomba ini patut diapresiasi.

“Kalian yang terjun ke dunia seni, saya apresiasi roadmap kehidupan Anda. Ada banyak jalan menuju ke Roma, termasuk lewat seni,” tutur mantan Ketua DPRD Sulut ini seraya menambahkan para peserta lomba ini semuanya adalah pemenang.

“Selamat bertanding. Pasti jawaranya hanya satu laki-laki dan satu perempuan. Tapi ketika Anda hadir di sini Anda sudah juara,” pungkasnya.

Bintang Radio 2023 tingkat nasional diselenggarakan di Manado pada 27 November hingga 2 Desember 2023. Sebanyak 136 peserta, terbagi masing-masing 68 peserta putra dan putri, akan bersaing menjadi yang terbaik.

Babak penyisihan hingga semifinal diadakan di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulawsi Utara. Kemudian babak final dipentaskan di Lapangan Pohon Kasih. Acara ini terbuka untuk masyarakat yang ingin menonton dan tanpa dipungut tiket.

Ratusan peserta tingkat nasional berasal dari penyisihan di daerah yang diselenggarakan masing-masing Satuan Kerja (Satker) RRI. Setiap satker mengirimkan dua pemenang di tingkat daerah (putra dan putri) untuk bersaing di level nasional.

Sistem penilaian di tingkat daerah dilakukan tim juri nasional. Penilaian dilakukan secara dalam jaringan (daring) dengan memaksimalkan aplikasi RRI Digital. Ini sebagai bagian dari transformasi RRI sebagai media multiplatform.

Setiap tahunnya penyelenggaraan Bintang Radio terus mengalami perkembangan. Terutama dari sisi konten yang mengikuti tren kekinian.

Pada penyelenggaraan Bintang Radio 2023, penilaian dilakukan secara berjenjang. Di tingkat satker mengirimkan tiga terbaik yang materi visualnya diunggah di RRI Digital.

Seluruh materi itu kemudian dinilai tim juri nasional untuk menetapkan juara di kategori putra dan putri. Mereka itulah yang berhak lolos ke tingkat nasional.

Yonas Markus Tuhuleruw, Direktur Layanan Pengembangan Usaha (LPU) RRI, mengatakan tema Bintang Radio 2023 adalah “Seni Merangkai Keberagaman”. Setidaknya ada dua alasan mengapa tema itu yang diambil.

“Pertama, seni itu adalah sesuatu yang universal, bagian dari kehidupan manusia yang bisa mempersatukan seluruh suku, bangsa, agama, dan lain sebagainya,” kata Yonas.

“Kemudian yang kedua adalah keberagaman. Ini berkaitan dengan menjaga kekokohan dan persatuan Indonesia. Kita tahu Manado dan Sulawesi pada umumnya merupakan simbol keberagaman,” ujar Yonas.

Maka lewat pelaksanaan Bintang Radio 2023 dari Manado bisa membumikan keberagaman di Indonesia. Ini sebagai bentuk komitmen dalam kehidupan bernegara dan berbangsa, serta bermasyarakat.

Di sisi lain RRI tidak hanya menyelenggarakan kontes Bintang Radio, tetapi juga menyiapkan pemenang dengan manajemen artis. Sehingga pemenang Bintang Radio tidak lantas berhenti begitu saja.

“Jadi kami sudah menyiapkan lorong di Bintang Radio ini untuk berkiprah di dunia keartisan. RRI sudah tanda tangan kontrak dengan manajemen artis untuk menangani pemenang,” kata Yonas.

Hadir dalam pembukaan Pemilihan Bintang Radio 2023 ini, di antaranya Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel, jajaran pejabat teras Pemprov Sulut, peserta lomba dan pimpinan RRI.(sco)

Baca Juga

Siapkan Ranwal RPJPD Minsel, Bupati FDW Turun Hingga ke Kecamatan

Basis Berita

Kembali Rolling Jabatan, Ada Pejabat dari Kabupaten Masuk Gerbong OD-SK

Basis Berita

Steven Kandouw Sebut Keberanian Yesus Ada Kaitannya dengan Kearifan Lokal

Basis Berita