Pemerintahan

Buka Asistensi MCP di Minsel, Bupati FDW Terus Tingkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

BASISBERITA.COM, Minsel – Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar (FDW) membuka Kegiatan Asistensi dan Arahan Peningkatan Capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) di Kabupaten Minsel Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di Ruang Rapat Lantai 4 Kantor Bupati Minsel, Kamis (40/11/2023).

Diketahui, MCP merupakan monitoring capaian kinerja program Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah), yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada pemerintah daerah di seluruh Indonesia, yang meliputi delapan area intervensi sebagai bagian Reformasi Birokrasi secara Nasional.

Delapan area intervensi program MCP tersebut, yaitu terdiri dari perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah dan tata kelola keuangan desa.

Dalam sambutannya, Bupati FDW menyampaikan bahwa kegiatan Asistensi dan Arahan adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

“Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu telah melakukan kunjungan dan menghadap pada Bapak Rolekson Simatupang, PPUPD Ahli Utama Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI selaku PIC MCP Wilayah Sulawesi Utara. Semoga arahan yang diberikan dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab,” tutur bupati.

Orang nomor satu di Minsel ini menegaskan, Pemkab Minsel terus berupaya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik. Salah satunya dalam pencegahan korupsi melalui peningkatan capaian nilai MCP dari Koordinasi Supervisi Bidang Pencegahan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada kegiatan ini turut dihadiri, di antaranya PPUPD Ahli Utama Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI selaku PIC MCP Wilayah Sulawesi Utara Rolekson Simatupang, Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Jona Maria Mantow, Analis Sumber Daya Manusia Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Rio Setiawan beserta jajaran, Sekretaris Daerah Minsel, para Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setda beserta operator Perangkat Daerah Minsel.(*)

Baca Juga

UMP Sulut 2024 jadi Rp3.545.000, Gubernur Olly Dondokambey Bilang Begini

Basis Berita

Begini Pesan Wagub Steven Kandouw saat Pemberian Remisi di HUT ke-78 RI

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Sebut Pemerintah Ambil Bagian Pembangunan Sarpras Rumah Ibadah

Basis Berita