Pemerintahan

Wagub Steven Kandouw Beber Penggunaan Anggaran saat Terima DIPA dan TKD Tahun 2024

BASISBERITA.COM, Manado – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2024 di Aula Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, pada Rabu (13/12/2023).

TKD Sulut tahun depan alami kenaikan 4 persen dari tahun 2023. Dari Rp12,8 triliun menjadi Rp13,45 triliun.

Dalam sambutannya, Wagub Kandouw menyampaikan beberapa hal terkait penggunaan anggaran untuk Tahun 2024.

Dimulai dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kemudian, menghapus kemiskinan ekstrem, menurunkan stunting, peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan.

Selanjutnya, terkait dengan percepatan transformasi ekonomi hijau melalui hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA), revitalisasi industri, penguatan ekonomi hijau, serta reformasi struktural.

“Ada juga pemberian subsidi dan bantuan sosial yang tepat sasaran dengan peningkatan akurasi data, perbaikan mekanisme penyaluran dan sinergi program. Serta penguatan sinergi anggaran pusat dan daerah dengan menyusun kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal berdimensi regional dan sinkronisasi belanja pusat dan daerah,” terangnya.

“Terakhir adalah peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja negara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan dan pemerataan pembangunan baik antargolongan maupun antarwilayah,” tambahnya.(sco/*)

Baca Juga

Begini yang Disampaikan Wagub Steven Kandouw saat Rakor Netralitas

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Ungkap Peran Ibu dalam Pencegahan Narkoba

Basis Berita

Walikota Tomohon Caroll Senduk Seriusi Stunting di Tomohon

Basis Berita