Pemerintahan

OD-SK Pacu Pariwisata Sulut, Tahun 2023 Meningkat Signifikan

BASISBERITA.COM, Manado – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) serius membangkitkan pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) pascapandemi Covid-19. Selang Tahun 2023, telah menunjukan tren positif.

Sekadar diketahui, sebelum dihantam Covid-19, pada tahun 2019 Sulut mencapai kunjungan wisatawan yang sangat tinggi. Untuk Wisatawan Nusantara (Wisnus) mampu menembus 2.200.000, sementara Wisawatan Mancanegara (Wisman) di tahun yang sama 153.657 orang.

Setelah dipukul pandemi, kunjungan wisatawan memang tergerus. Namun, untuk tahun 2023 ini sudah mulai bangkit. Buktinya, pada 2023 kunjungan turis asing menembus 90.471 orang, sementara turis domestik mencapai 743.948 orang, dengan rata-rata menginap selama dua malam. Jumlah ini meningkat signifikan dibanding tahun 2022.

Tercatat wisman yang datang ke Sulut berasal dari 14 negara. Masing-masing China, Germany, Singapore, USA, Netherland, France, Australia, Switzerland, Unitet Kingdom (UK), South Korea, Italy, Malaysia, Japan dan Philippines (Filipina).

BERIKUT GRAFIK PERKEMBANGAN WISATAWAN ke SULUT TAHUN 2023:


Berbagai catatan positif ini menjadi pelecut semangat Pemerintah Provinsi Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) untuk terus memajukan Sulut. Salah satu buktinya pada bulan Maret tahun 2023, Gubernur Olly Dondokambey membuat terobosan dengan dibukanya rute penerbangan langsung Manado-Narita Tokyo Jepang.

Tren pariwisata Sulut yang mulai tancap gas itu tak lepas juga atas upaya dari lobi Gubernur Olly dalam penambahan flight atau pesawat baru dari dan menuju ke Bandara Sam Ratulangi Manado.

Keseriusan OD-SK membangkitkan pariwisata Sulut patut diancungi jempol.

“Bayangkan pak gubernur mampu merayu maskapai penerbangan seperti Scoot Air, yang sampai empat kali dalam seminggu,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sulut Henry Kaitjily kepada wartawan.

Dengan pariwisata Sulut bangkit, ujar dia, akan berdampak ke sejumlah sektor termasuk pertumbuhan ekonomi.

Adapun data yang diterima Dispar Sulut ini merupakan kompilasi dari Imigrasi, Angkasa Pura dan Badan Pusat Statistik (BPS).(sco)

Baca Juga

Pemprov Sulut Samakan Persepsi; Retribusi dan Pajak Daerah Harus Sama Perda

Basis Berita

Keluarga Dondokambey-Tamuntuan Gelar Ibadah Syukur HUT Pernikahan ke-29

Basis Berita

Optimalisasi Dokumen Strategis Kependudukan, Wagub Steven Kandouw ‘Melantai’ di SMK Negeri 1 Manado

Basis Berita