Ekonomi Pemerintahan

Jadi Pembicara di Forum Publik, Wagub Steven Kandouw akan Paparkan Strategi Tingkatkan Komodoti Ekspor ke Pasar Internasional

BASISBERITA.COM, Manado – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), terus berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya mendorong ekspor komoditi Sulut ke pasar internasional. Terobosan pun dilakukan pada 2019 lalu, dengan membuka penerbangan langsung (direct flight) Manado ke delapan kota di China.

Pembukaan penerbangan ini, selain membawa para turis China ke Sulut, juga ikut mengekspor komoditi Sulut ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Ada juga penerbangan ke Korea yang telah diterobos ekspor komoditi. Pada 2022, OD-SK berhasil mendorong dibukanya penerbangan langsung Manado-Narita, yang ikut membawa komoditi Sulut ke Jepang.

Tak sampai di situ, pemerintahan OD-SK melakukan lompatan besar dengan pengiriman perdana komoditi Sulut ke China melalui jalur laut pada awal Februari 2022 lalu.

Gubernur Olly Dondokambey tak berpuas diri akan capaian ini. Ia mengaku ekspor komoditi Sulut untuk menembus pasar internasional masih akan terus dilakukan.

“Nah, terkait ekspor komoditi Sulut yang tembus pasar internasional akan dibicarakan pada Selasa esok. Pak Wagub Steven Kandouw akan menjadi salah satu pembicara mewakili pemerintah provinsi,” ungkap Gubernur Olly lewat pesan WhatsApp, Senin (26/2/2024) malam.

Dalam Forum Publik itu, Wagub Steven Kandouw dipastikan akan memaparkan berbagai strategi OD-SK mendorong ekspor hingga komoditi Sulut menembus pasar internasional.(sco/*)

Baca Juga

Gubernur Olly Dondokambey Dorong Desa di Sulut Sadar Hukum

Basis Berita

Hari Kesehatan Nasional 2023, Nakes Minahasa Selatan Terima Penghargaan Bupati

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Ingin Pariwisata Maju dengan Perkuat Infrastruktur dan Pengelolaan yang Profesional

Basis Berita