Pemerintahan

Launching Dana Desa Tahun 2024, Bupati FDW Ingatkan Jangan Bersentuhan dengan APH

BASISBERITA.COM, Minsel – Bupati Minahasa Selatan (FDW) Franky Donny Wongkar, melaunching Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini  dihelat di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, pada Senin (26/2/2024).

Dana Desa dilaunching, agar upaya percepatan penyaluran dana desa tahun anggaran 2024 di Kabupaten Minsel segera terlaksana. Di mana, untuk pengelolaan keuangan desa dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilaksanakan dengan tertib dan disiplin anggaran (sesuai dengan permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

Adapun, sesuai dengan prosedur dan tahapannya, saat ini sudah ada sepuluh desa yang akan menerima penyaluran dana desa tahap i, yaitu Desa Aergale, Tanamon dan Poigar 2 Kecamatan Sinonsayang, Desa Lopama Kecamatan Amurang Timur, Desa Malola 1 Kecamatan Kumelembuai, Desa Matani, Tumpaan Baru dan Tumpaam Satu Kecamatan Tumpaan, Desa Paslaten Kecamatan Tatapaan serta Desa Poopi Utara Kecamatan Ranoyapo.

Selain itu, pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan Lencana Desa Mandiri kepada 25 desa di Minsel, berdadarkan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 175 Tahun 2023 Tentang Pemberian Penghargaan Desa Dengan Status Mandiri Tahun 2023 Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Lencana Desa Mandiri merupakan penghargaan yang diberukan kepada suatu desa yang telah mencapai tingkat kemandirian yang tinggi dalam berbagai aspek pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Selain itu, ada juga penyerahan penghargaan Lencana Desa Mandiri yakni Desa Kapitu, Lopana, Pinaling, Ritey, Malenos Baru, Maliku Satu, Pinasungkulan, Motoling, Motoling Dua, Poopo Utara, Ongkaw Satu, Ongkaw Dua, Rumoong Atas, Wiau Lapi, Lansot Timur, Paslaten, Sondaken, Sulu, Tompasobaru 2, Pinaesaan, Tumpaan Satu, Tumpaan, Tumpaan Dua, Munte, Popontolen.

Untuk diketahui untuk tahun 2023 hanya terdapat 5 desa yang menerima Lencana Desa Mandiri yaitu Desa Lelema, Tumpaan Baru, Lansot, Rumoong Atas 2 dan Lopana Satu.

Desa Mandiri merupakan desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Diketahui, Desa Mandiri adalah desa yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) lebih dari 75.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan penghargaan kepada 10 Desa atas Pencapaian Pencairan DD Tahun 2024 Tercepat, Penghargaan Lencana Desa Mandiri kepada 25 Desa yang mencapai Status Desa Mandiri, serta Penyerahan BLT, Earnmark DD, Dana Ketahanan Pangan dan Stunting Tahun 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, mengharapkan penggunaan Dana Desa ini dapat dipergunakan sesuai peruntukannya.

“Para Kepala Desa jangan sampai bersentuhan dengan APH (Aparat Penegak Hukum), gunakanlah Dana Desa sesuai peruntukannya dan juga sesuai aturan yang ada tegas bupati.

FDW tak ketinggalan memberikan ucapan terima kasih kepada 30 desa yang telah mendapatkan Lenacana Desa Mandiri.

“Kiranya desa-desa yang belum mendapatkan Lencana Desa Mandiri dapat termotivasi agar ke depan bisa meraih penghargaan,” tukasnya.

Hadir pada kegiatan ini, di antaranya Kepala Sub Bagian Umum Kantor Pelayanan Perbendaharaan Manado Erwinsyah dan Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Manado Viktor Rondo, serta para Camat, Hukum Tua dan Sekretaris Desa se-Kabupaten Minahasa Selatan.

Bupati Minahasa Selatan didampingi oleh Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Setda, Kepala Dinas PMD beserta jajaran.(*)

Baca Juga

Gubernur Olly Dondokambey Ucapkan Selamat Atas Pengukuhan Guru Besar Pius Lustrilanang

Basis Berita

Pasang Target 0 Persen, Begini Strategi Pemprov Sulut Turunkan Angka Stunting

Basis Berita

OD-SK Ingin Ornamen Budaya di Sulut Diperkuat dengan Perda

Basis Berita