Uncategorized

Walikota Caroll Senduk Dorong Peningkatan Penyelenggaraan Pemerintahan

BASISBERITA.COM, Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Senduk mendorong peningkatan penyelenggaraan pemerintahan.

Salah satu upaya yang dilakukan, di antaranya dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini dihelat di Wise Hotel Tomohon, Rabu (28/2/2024).

Walikota melalui Staf Ahli Walikota Bidang Administrasi dan SDM Ronald Kalesaran, mengatakan SAKIP mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Ini sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan, serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan, serta dapat digunakan sebagai dasar pemberian reward maupun punishment,” ujar Kalesaran.

Untuk itu, lanjut dia, efektivitas dan efisiensi instansi pemerintah harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Efisiensi harus dibangun secara sistemik, bukan melalui kebijakan-kebijakan temporal yang mengakibatkan pelaksanaannya tidak berkelanjutan.

“Efisiensi tidak cukup hanya dengan memotong anggaran pada pertengahan tahun berjalan, sebagaimana praktek yang selama ini terjadi. Efisiensi seharusnya dimulai dengan memperbaiki pola pemanfaatan anggaran sejak pertama kali birokrasi merencanakan hasil atau kinerjanya, sebagaimana prinsip akuntabilitas berorientasi hasil yang menjadi amanat Undang-undang Nomor 28 tahun 1999,” paparnya.(sco/*)

Baca Juga

Begini Penjelasan Pemkot Tomohon Soal Pupuk Bersubsidi

Basis Berita

Pemerintah Kota Tomohon Siapkan RPS untuk Anak Terlantar hingga ODGJ

Basis Berita

Begini Pesan Walikota bagi Tiga Anggota DPRD Tomohon yang Baru Dilantik

Basis Berita