Pemerintahan

Gubernur Olly Dondokambey Ungkap Sektor Pertanian Sangat Menjanjikan

BASISBERITA.COM, Modoinding – Gubernur Olly Dondokambey terus memperhatikan petani Sulawesi Utara (Sulut). Selasa (13/6/2023), di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan Screen House Koperasi Konsumen Modoinding Kanaan Hebat, Olly ikut menyerahkan bantuan CSR BSG berbandrol Rp400 juta.

Bantuan bagi kelompok tani yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) itu, kata Gubernur Olly akan berlanjut. Namun, ada syaratnya. Yakni, Screen House ini sudah selesai dibangun serta telah dilakukan pemeriksaan.

”Tahap pertama bagus dan pemeriksaan bagus lucur lagi. Itu prosedur bagi bantuan CSR. Kegiatan ini harus ada pertanggungjawaban sehingga CSR betul digunakan dengan baik,” tegas Olly.

Kucuran dana yang besar itu diberikan kepada kelompok tani, karena menurut orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai, sektor pertanian sangat menjanjikan.

Olly mencontohkan, belum lama ini ada 60 orang dari Sulut dikirim ke Jepang. Di Negeri Sakura tersebut, mereka menjadi petani untuk menanam kentang dan tomat. Jepang ternyata membutuhkan tenaga dan keahlian. Peluang itulah, yang membuat adanya kerja sama BSG dalam hal pembiayaan. 

“Namun semua butuh proses termasuk latihan bahasa dan keahlian karena gaji di Jepang 25 sampai 35 juta perbulan,” beber Olly.

Gubernur Olly pun berharap kesiapan tenaga handal di Sulut. Katanya, Pemprov Sulut bersama Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) akan siap untuk pengembangan pertanian.

“Tak usah ragu pemerintah hadir di tengah masyarakat karena semua satu visi, harapkan program didukung sehingga berjalan dengan baik,” pungkas Olly.

Dalam kegiatan ini, Pemprov Sulut juga menyalurkan sejumlah bantuan, di antaranya lewat Dinas Pertanian dan Peternakan dengan membagikan 100 sachet cabe kepada 50 kelompok tani, mulsa, pupuk NPK dan benih jagung kepada poktan di Kecamatan Modoinding Minsel.

Adapun pada kegiatan ini dihadiri, di antaranya Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, Dirut BSG Revino Pepah, Wakil Rektor Unsrat dan Dekan Pertanian Unsrat, Forkompimda Minsel, pejabat teras Pemprov Sulut, kelompok tani dan masyarakat.(sco/*)

Baca Juga

Wagub Steven Kandouw Apresiasi THL Pemprov Sulut Lulusan S2

Basis Berita

Unik! Gubernur Olly Dondokambey Evaluasi Realisasi Anggaran OPD Pemprov Sulut di Atas Kapal

Basis Berita

Gubernur Olly Dondokambey Ungkap Peran Ibu dalam Pencegahan Narkoba

Basis Berita